Pangdam XIII/Merdeka Resmi Menutup TMMD Ke -112 Kodim 1304/Gorontalo 

Pangdam XIII/Merdeka Resmi Menutup TMMD Ke -112 Kodim 1304/Gorontalo 

GOSULUT.ID - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kodim 1304/Gorontalo akhirnya berakhir. Hal itu ditandai dengan penutupan TMMD di Rumah Dinas Bupati Bone Bolango dipimpin oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit, M.Si di dampingi Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, MM., Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P., Para Unsur Forkopimda Prov. Gorontalo, Para Asisten Kasdam XIII/Mdk, Para Kasi Korem 133/NW, Dandim 1304/Gorontalo dan Dandim 1313/Pohuwato. Kamis (14/10/2021).

Pada berlangsungnya pelaksanaan penutupan TMMD ke-112 tersebut, seluruh peserta mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, dengan mengusung tema "TMMD Wujud Sinergi membangun Negri". Usai penandatanganan naskah serah terima hasil TMMD ke-112 Tahun 2021 oleh Dansatgas TMMD Dandim 1304/Gorontalo Letkol Czi Donny Ardi Widha., M.Han kepada Bupati Bone Bolango Hi Hamim Pou, S.Kom.MH.

Dalam sambutannya Bupati Bone Bolango Hi Hamim Pou, S.Kom.MH. menyampaikan, mewakili pemerintah dan masyarakat Bone Bolango mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam XIII/Mdk karena atas bantuannya sehingga Program TMMD Ke-112 TA. 2021 terlaksana dengan lancar dan aman. 

"Kami mempunyai Desa yaitu  Kec. Pinogu yang jaraknya 42 KM dari jalan trans dan mempunyai warga sebanyak 40.000 Orang disana yang jalannya belum tembus sampai hingga sekarang. Walau sudah 10 tahun bekerja untuk membuat jalan tetapi jalan kesana belum juga selesai karena hutan menuju Kec. Pinogu sangat lebat", terangnya.

"Kami akan meminta lagi kepada TNI khusnya Korem 133/NW tahun depan 2022 agar melaksanakan TMMD lagi di daerah Kec. Pinogu untuk membuka jalan, karena kalau kami tenderkan kami tidak sanggup. Di Kab. Bone Bolango masih mempunyai sungai yang belum mempunyai jembatan, jadi kami berharap kira mungkin ada Jembatan yang dimiliki oleh TNI untuk meminjamkan kepada kami di Kab. Bone Bolango", imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama dalam amanatnya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit, M.Si mengatakan, pada setiap kegiatan TMMD dapat disaksikan semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat Prajurit TNI dan masyarakat serta aparat terkait yang bekerja di lapangan. 

"Ini adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia semangat kebersamaan seperti inilah yang menjadi hakikat Kemanunggalan TNI-Rakyat, guna menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," ujar Pangdam XIII/Merdeka.

"Selama satu bulan penuh para Prajurit TNI telah bekerja bersama-sama dengan masyarakat dan komponen bangsa lainnya serta instansi pemerintah untuk menyelesaikan seluruh sasaran 
kegiatan, baik fisik maupun nonfisik. Kesemuanya ini dapat tercapai tentunya berkat semangat gotong-royong dan kerja sama yang baik dan harmonis di antara seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) terkait", tandasnya.

Selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasi TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas hasil yang telah dicapai oleh Satgas TMMD ke-112 TA.2021 Kodim 1304/Gorontalo beserta seluruh warga masyarakat Desa Tulabolo dan sekitarnya.

Pangdam yakin, keberhasilan ini tak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait.

"Selanjutnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat, saya serahkan hasil karya TMMD ke-112 ini untuk dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan nilai guna yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, apabila selama pelaksanaan TMMD ini terdapat perbuatan dan tutur kata maupun tingkah laku para prajurit saya yang kurang tepat ataupun tidak berkenan di hati bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya", pesan Pangdam XIII/Merdeka pada akhir amanatnya.