Pangdam XIII/Merdeka Puji Sinergitas Forkopimda Provinsi Gorontalo Dalam Pengendalian Covid-19 

Pangdam XIII/Merdeka Puji Sinergitas Forkopimda Provinsi Gorontalo Dalam Pengendalian Covid-19 

GOSULUT.ID - Selain ke Gubernur Sulawesi Utara, dalam agenda yang sama Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P berasama Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P beserta rombongan Forkopimda Prov. Gorontalo juga bersilaturahmi Pangdam XIII/Merdeka yang baru Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka yang baru Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh mengaku terkesan dengan penyambutan yang dilakukan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada saat mendatangi langsung Mayjen TNI Denny ke Makodam XIII/Merdeka di Manado Sulawesi Utara, Selasa, (4/1/2022) untuk bersilahturahmi.

"Sebetulnya sebagai pejabat yang baru masuk di sini, saya baru mau merencanakan berkunjung ke Gorontalo. Bicara dengan Kasdam kemarin, kira-kira nanti akan berkunjung kapan ke Gorontalo, ternyata kita kecolongan satu kosong, duluan pak gubernur yang datang kesini bahkan dengan semua rombongan Forkopimda dan itu membuat saya bersama para staf merasa sangat-sangat terkesan dan terhormat," kata Pangdam XIII/Merdeka.

Pangdam XIII/Merdeka mengatakan, ia banyak mengikuti perkembangan walaupun hanya lewat berita, tentang bagaimana tiga wilayah ini, terutama dengan permasalahan yang sedang dihadapi bangsa sekarang yaitu masalah pandemi covid-19. Di mana di sisi lain semua pihak berupaya untuk meningkatkan atau mempertahankan kondisi perekonomian di wilayah masing masing.

"Tapi dari tiga provinsi ini, saya melihat bahwa sepertinya Gorontalo lebih baik utamanya  pengendalian covid-19 dibandingkan dengan provinsi-provinsi yang lain. Beberapa hari ini terus saya ikuti perkembangan, sepertinya Gorontalo tingkat kasusnya sudah nol kasus dan vaksinasi juga demikian. Saya berbicara dengan pak Danrem saya berkeinginan untuk vaksin kalau perlu harus menargetkan 100 persen," tambah jenderal bintang dua ini.

Menanggapi pujian Mayjend Denny, Rusli Habibie mengakui perkembangan Gorontalo, Sulut dan Sulawesi Tengah bagus terutama dalam rangka kerjasama semua pihak untuk memutus penyebaran covid-19 ini. Kinerja ini tidak bisa sendiri, gubernur maupun bupati/walikota, tidak bisa bekerja sendiri, tanpa ada bantuan dan suport dari anggota TNI/Polri, Binda, kajati, dan seluruh fokopimda kompak.

"Mengapa pandemi covid bisa terkendali karena kekompakan kita, sinergitas kita untuk sama- sama menangani pandemi covid-19 ini agar ekonomi segera pulih. Kami pak pangdam 12 jam selalu komunikasi, saya dengan danrem, kapolda dan teman-teman forkopimda lain hampir jarang tidur siang dan malam hanya untuk memantau kondisi pandemi," tandas Pangdam XIII/Merdeka.

Gubernur dua periode ini juga menambahkan, kunjungan silahturahmi bersama Pangdam XIII/Merdeka sengaja digelar untuk memperkuat sinergitas dan komunikasi antar pimpinan di daerah. Kodam XIII/Merdeka merupakan komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI-AD yang membawahi Korem 133/Nani Wartabone dan sejumlah Kodim di Gorontalo.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas penerimaan panglima di tempat yang sangat indah dan megah ini. Kami tunggu kedatangan bapak ke Gorontalo, di sana sudah ada kodim di lima kabupaten/kota sisa satu kabupaten yang belum. Juga kami sedang berusaha membangun Secaba setelah SPN telah berhasil kita bangun. Animo masyarakat ingin menjadi TNI sangat tinggi di Gorontalo pak, maka itu saya bersemangat mewujudkannya," terangnya.

Kedatangan Gubernur Rusli dari Gorontalo bersama dengan istri Idah Syahidah, Wakil Gubernur Idris Rahim, Sekdaprov Gorontalo, Danrem 133/NW, Kabinda Gorontalo, Wakapolda Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, perwakilan Dalanal serta Dansatrad 224 Kwandang dan beberapa pimpinan OPD.