Pangdam XIII/Merdeka dan Atase Pertahanan Dubes AS Pimpin Upacara Pembukaan Latma Garuda Shield Ke 15 Tahun 2021

Pangdam XIII/Merdeka dan Atase Pertahanan Dubes AS Pimpin Upacara Pembukaan Latma Garuda Shield Ke 15 Tahun 2021

GOSULUT.ID - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M. Si dan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia Major Brian Vega memimpin langsung Upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke 15 Tahun 2021 antara prajurit TNI AD dengan US Army bertempat di Depo Pendidikan (Dodik) Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XIII/Merdeka Bitung, Rabu (4/8/2021). 

Beberapa materi dilatihkan dalam latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat, meliputi Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne

Pada Upacara pembukaan tersebut Pangdam XIII/Merdeka membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang mengatakan bahwa makna dari latihan ini bukan semata untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, namun untuk meningkatkan kemampuan bertempur para prajurit baik TNI AD maupun US Army. 

"Tujuan dari Latihan Bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki prajurit TNI AD, melainkan untuk mengembangkan materi-materi lain." Ujar Jenderal TNI Andika

Selain itu KASAD juga berharap agar kerjasama militer menjadi simbol kekuatan dalam mewujudkan keamanan dan perdamaian dunia. 

"Saya berharap Latma Garuda Shield 15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer." Ungkap Jenderal TNI Andika

Saat diwawancarai Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa mengingat kegiatan ini berskala besar maka pelaksanaan Latma Garuda Shield 15/2021 ini menjunjung tinggi protokol kesehatan sehingga personel kedua negara tetap terhindar dari paparan Covid-19. 

"Dalam pelaksanaan latihan kita sangat menjaga protokol kesehatan, karena saat ini kesehatan personel yang utama." Ucap Pangdam XIII/Merdeka.