ORARI Bone Bolango Gelar Silaturahmi dan Uji Coba Perangkat HT Dalam Penanggulangan Bencana

ORARI Bone Bolango Gelar Silaturahmi dan Uji Coba Perangkat HT Dalam Penanggulangan Bencana

GOSULUT.ID - ORARI Lokal Kabupaten Bone bolango menggelar lomba uji coba penggunaan radio telekomunikasi Handy Talkie (HT) serta silaturahmi anggota ORARI se Provinsi Gorontalo, bertempat di Danau Perintis, Kabupaten Bone bolango, Minggu (04/07/2021).

Kegiatan ini turut dihadiri dan dipantau langsung penasehat ORARI Lokal Kabupaten Bone bolango Moh. Kris Wartabone.

Kris yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh ORARI lokal bone bolango yang ternyata menuai antusias dari generasi muda.

"Kegiatan yang di inistiatif orari bone bolango mendapat respon positif serta antusias dari kalangan anak muda, sehingga acara ini dapat memotivasi mereka terutama dalam memanfaatkan dan menggunakan perangkat HT," tuturnya.

Dikatakan, melihat animo peserta yang sangat luar biasa, maka kedepan kegiatan serupa bisa dilaksanakan dalam skala yang lebih besar dengan melibatkan peserta dan peserta dari luar provinsi gorontalo.

"Insyaallah lomba ini bisa lebih besar lagi kita adakan misalnya sewilayah indonesia timur, kita akan susun persiapannnya" imbuhnya.

Menurutnya, Provinsi Gorontalo lebih khusus kabupaten Bone bolango adalah daerah patahan sehingga sangat rawan bencana, hal ini sangat membutuhkan peran dan kontribusi dari berbagai pihak salah satunya dalam hal ini ORARI.

"Diketahui bersama daerah kita ini (bone bolango) sangat rawan bencana, olehnya peran radio sangat penting dan dibutuhkan rakyat serta daerah," ungkapnya.

Ketua DPD PDI-P Provinsi Gorontalo ini menyampaikan melalui lomba tersebut menjadi langkah awal untuk lebih memasyarakatkan penggunaan HT juga menjadi ajang silaturahmi diantara anggota ORARI.

Apalagi lanjut Kris, kegiatan tersebut dilaksanakan di danau perintis yang merupakan salah satu spot atau obyek wisata kebanggaan bone bolango.

"Kegiatan ini tuturnya, memberi dampak di sektor pariwisata, karena dengan memanfaatkan radio atau HT, kita bisa mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi terkait obyek-obyek wisata yang ada di bone bolango" katanya.

Sementara itu Ketua Panitia, Rahmat Unggo menambahkan, kegiatan atau lomba uji coba penggunaan HT sebagai evaluasi terhadap penggunaan perangkat (radio/HT) guna memenuhi standar dalam memberikan informasi atau melaporkan bencana-bencana yang ada di bone bolango.

"Peserta juga selain dari bone bolango, juga melibatkan anggota atau rekan-rekan kami dari Kota dan Kabupaten Gorontalo untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dengan tujuan tidak semata-mata melihat dari nominla hadiah yang disiapkan panitia bagi pemenang, tapi untuk lebih mempererat silaturahmi diantara anggota ORARI di Provinsi Gorontalo," jelasnya.

Kegiatan silaturahmi ini turut menggaungkan nama Kris Wartabone sebagai calon terkuat untuk mengetuai Ketua ORARI daerah Gorontalo.

"Pak Kris Wartabone adalah kandidat yang sangat layak dan tepat mengetuai ORARI Provinsi Gorontalo kedepan," cetus anggota ORARI yang hadir.