Mendagri Minta Inflasi Kabupaten Kota Diumumkan Tiap Bulan, Tito: Biar Bupati Walikota Tidak Tenang-tenang Saja

Mendagri Minta Inflasi Kabupaten Kota Diumumkan Tiap Bulan, Tito: Biar Bupati Walikota Tidak Tenang-tenang Saja

GOSULUT.ID - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepada Gubernur Gorontalo, Bank Indonesia dan BPS agar mengumumkan inflasi di kabupaten kota setiap bulan.

"Tingkat inflasi Ini agar diumumkan setiap bulannya agar bupati dan walikota tidak tenang-tenang saja menunggu hasil kerja dari provinsi,"imbuhnya, Kamis (2/9/2022).

Menurut dia, hal ini perlu dilakukan agar masyarakat bisa melihat dan menilai kepala daerah-kepala daerah mana yang berprestasi bekerja keras begitu juga sebaliknya. 

"Biar masyarakat melihat, oh bupati ini hebat dan berprestasi, kalau yang ini kurang mampu," ujar Tito.

Lanjut dia, bagi kepala daerah bupati dan walikota yang berprestasi akan diganjar dengan penghargaan, bagi yang tidak akan diberi teguran. Ini juga akan dilakukan ditingkat pusat bersama BI dan BPS akan mengumumkan tingkat provinsi.

"Kami sudah kompak dengan menteri keuangan, daerah-daerah yang bisa menekan inflasi dalam waktu tertentu akan diberikan penghargaan yakni berupa tambahan dana insentif daerah, untuk yang tidak mampu akan diberi teguran sehingga ini berpengaruh pada popularitas dan kredibilitasnya nanti di 2024," jelasnya.