Limbah B-3 di PT.Carvina TM, Sadat Minabari : Itu Tidak Benar

Limbah B-3 di PT.Carvina TM, Sadat Minabari : Itu Tidak Benar

BITUNG, (GS) - Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bitung Sadat Minabari meluruskan pemberitaan media beberapa hari lalu terkait PT. Carvina TM terkait limbah B-3 batu bara, Rabu (23/6/2020) diruang kerjanya.

Sesuai hasil evaluasi pihak BLH dengan PT. Carvina TM, terkait limbah B-3 milik perusahaan belum ada, dan itu tidak benar.

"Karena, setelah kami mengirimkan petugas tiga orang untuk pengecekan dan melakukan evaluasi dengan pihak meneger carvina, ternyata disitu (Perusahaan-red) tidak ditemukan tumpukan limbah B-3 sebagaimana yang telah diberitakan media online tersebut," tegasnya.

Lebih lanjut Sadat mengatakan, ketika pihaknya bertanya kepada perusahaan tentang penggunaan batu bara, ternyata belum sama sekali digunakan.

Bahkan hasil pembakaran batu bara yang menghasilkan limbah B-3 itu sendiri, sudah ada pihak ketiga yang bekerjasama untuk masalah tersebut.

"Kalau masalah Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) untuk batu bara sendiri, pihak perusahaan sudah meminta ijin kepada BLH. Dan kalau masalah limbah B-3 yang merupakan hasil pembakaran batu baranya, sudah ada pihak yang bekerjasama dengan perusahaan, dan kalau ingin tau pasti pihak ketiganya silahkan tanya keperusahaan," terangnya. 

Sadat juga menyayangkan atas pemberitaan ini. Dimana media online tersebut tidak mengkonfirmasih terlebih dulu akan hal ini kepada pihak BLH.

"Sangat disayangkan ketika ada media yang memuat berita tampa konfirmasih terlebih dulu. Kita ini kan mitra, jadi harus saling membantu dikala ada kendala," tutupnya.***

(ZL)