Kunjungi 2 Kecamatan, Ini Penekanan Wabup Gorut

Kunjungi 2 Kecamatan, Ini Penekanan Wabup Gorut

GOSULUT.ID - GORUT

Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu melakukan kunjungan di Kecamatan Kwandang dan Atinggola, Senin (03/01/2022).

Dalam kunjungannya Wabup Thariq bertemu dengan camat serta kepala desa (kades) di 2 kecamatan tersebut.

"Dalam mengawali hari pertama bekerja di tahun 2022, saya sengaja melakukan kunjungan di 2 kecamatan ini. Jadi, ada beberapa hal yang menjadi kritikan/penekanan dari kami," ungkap Wabup Thariq Modanggu.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi penekanan dari kami yakni bahwa kita mesti bersiap - siap untuk melaksanakan hasil evaluasi dari BPK dalam soal evaluasi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jadi kita melakukan upaya - upaya tindaklanjut dari temuan, sehingga Kecamatan Atinggola dan Kwandang sudah memperoleh informasi awal, tentang langkah - langkah yang akan ditempuh oleh Pemda dalam upaya meningkatkan PAD. Kemudian kami juga mensosialisasikan pendamping ceria yang sudah direkrut tahun kemarin. Yang hari ini sementara bekerja melakukan pendataan.

"Maka, pendamping ceria ini dapat dimanfaatkan oleh Pemdes, maupun Pemerintah Kecamatan baik dalam perencanaan pembangunan desa, keluarga dan lebih - lebih dalam hal pengolahan data  bantuan kepada masyarakat. Bahkan saat ini, aplikasi ceria telah berjalan proses penginputan data bantuan. Jadi melalui aplikasi ini kita dapat memastikan ada keadilan bagi masyarakat, karena dapat langsung mendeteksi penerima bantuan yang sudah jalan selama ini," jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Gorut menambahkan, pendataan dilakukan bukan hanya sejak pemerintahan kami, tetapi juga sejak Gorut pertama kali itu kami data. Didata pendamping ceria dalam sistem aplikasi, sehingga kita bisa memantau jumlah, jenis bantuan penerima dan tentu ini dilaksanakan secara bertahap oleh pendamping. 

"Karena mereka harus menginput seluruh data bantuan sejak Gorut jadi sampai hari ini, sehingga dengan adanya aplikasi ini kita memastikan keadilan dalam pemberian bantuan juga bisa memudahkan akses publik, agar publik/pemerintah daerah juga bisa melakukan akses terhadap data sistem informasi," tambah Wabup Gorut.

Orang nomor 2 di Gorut itu berharap, agar terjadi sinergitas antara pendamping ceria, pemdes, pemerintah kecamatan dan juga pendamping yang lain. Dalam hal terutama untuk pengolahan data keluarga dan juga penginputan aplikasi ceria yang akan menampilkan berbagai data melalui sistem informasi. 

"Kami berharap bahwa aplikasi ini sudah bisa di launching sesuai rencana pada pertengahan bulan Januari ini bisa di launcing. Oleh karena itu kami pacu di seluruh kecamatan yang sudah memiliki pendamping ceria tahun lalu di 5 kecamatan dan tahun depan insya allah disemua kecamatan sudah bisa terbentuk. Supaya sistem informasi atau aplikasi ceria ini sudah bisa maksimal sebagai satu sistem informasi data keluarga dan pembangunan yang ada di Gorut," tutupnya.***