Kualitas Nilai Ujian Sekolah Diharapkan Setara Ujian Nasional

Kualitas Nilai Ujian Sekolah Diharapkan Setara Ujian Nasional

GOSULUT.ID - Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo berharap kualitas kelulusan dari SMK dan SMA dimasa pandemi saat ini bisa setara dengan ujian Nasional sehingga bila siswa yang ingin melanjutkan studinya bisa menembus perguruan tinggi.

Harapan ini disampaikan Koordinator Komisi IV, Sofyan Puhi usai melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo (Dikbudpora), Senin (3/5/2021).

"Adanya covid, kelulusan siswa saat ini ditentukan dari ujian sekolah. Olehnya kami berharap kondisi ini jangan sampai membuat kita terlena, kita tetap harus menjaga kualitas kelulusan agar siswa nanti bisa bersaing masuk ke bangku kuliah," ungkapnya.

Ia menuturkan, komisi tersebut ingin memastikan tahapan serta evaluasi dari hasil ujian akhir kelas XII baik itu SMA, SMK dan SLB.

"Kami ingin mempertegas saja tahapan yang sudah dilaksanakan serta tindak lanjut terkait penetapan kelulusan, soal penerbitan ijazah yang sangat dibutuhkan untuk jenjang pendidikan selanjutnya, dan masalah teknis lainnya dikaitkan dengan program nasional yakni Merdeka Pendidikan," jelas aleg Nasdem.

Wakil Ketua DPRD ini juga menindaklanjuti terkait temuan- temuan komisi seperti sarana prasarana, rekrutmen P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

"Ke pihak Dikbudpora kami sampaikan sejumlah temuan hasil monitoring kami sejumlah sekolah, yaitu aspek sarana prasarana, perekrutan P3K khusus tenaga kependidikan atau guru dari tenaga honorer," urai Sofyan.

Ditegaskan hasil kunjungan serta pertemuan dengan Dikbudpora juga menyampaikan hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan.

"Kami bersama Dikbudpora sepakat pertemuan ini akan diperluas pada agenda selanjutnya, khususnya terkait perekrutan kependidikan dan operasional," tutupnya.