Kota Gorontalo Daerah Terbaik Satu Penilaian Kinerja PNS

Kota Gorontalo Daerah Terbaik Satu Penilaian Kinerja PNS

GOSULUT.ID - Kota Gorontalo menjadi daerah terbaik satu atas penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021, dan mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari Badan Kepegawaian Regional XI.

Penghargaan tersebut, diserahkan Kepala BKN Regional XI Dedi Herdini, kepada Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo Ben Idrus, di Manado, Rabu (18/5/2022).

"Alhamdulillah, kami bisa mempertahankan prestasi dalam kategori penilaian kinerja yang diselenggarakan BKN Regional XI Manado," kata Kabid Pengembangan, Pegendalian ASN dan Diklat Romansyah Djafar, yang mendampingi Kepala BKPP Kota Gorontalo.

Mempertahankan sebuah prestasi bukanlah hal yang mudah. Harus ada perjuangan atau usaha yang dilakukan. 

Usaha dan perjuangan itu pun, sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, dengan meningkatkan hal-hal yang menjadi indikator penilaian, sehingga bisa mempertahankan prestasi penilaian kinerja.

"Kita terus mewujudkan komitmen untuk melakukan penilaian kinerja berdasarkan pengelolaan manajemen kepegawaian yang baik," tutur Romansyah.

Yang kedua kata dia, capaian ini tak lepas dari adanya dukungan penuh dari Wali Kota Gorontalo, Marten Taha dan beserta wakil.

"Dalam setiap kesempatan, baik saat apel kerja maupun dilain kesempatan, pak wali itu selalu memperkuat disiplin dan kinerja aparatur. Motivasi ini yang membuat kami bisa mempertahankan prestasi penilaian kinerja PNS," bebernya.

Hal lain yang dilakukan, lanjut Romansyah, yakni upaya dan usaha BKPP sendiri dalam menyiapkan konsep penilaian kinerja.

"Salah satunya dilakukan dengan cara menjadikan aplikasi e-Finger dan e-Kinerja untuk menjadi tolak ukur pemberian TPP," lanjutnya.

Pun imbuhnya, pihaknya terus meningkatkan berbagai hal yang menjadi indikator penilaian.

Di antaranya, pertama, meningkatkan pelaksanaan penjabaran kegiatan tugas jabatan atau target kinerja yang dibagi habis dari tingkat jabatan tertinggi sampai dengan tingkat jabatan yang terendah secara heirarki.

Kedua, instansi telah melaksanakan pengukuran kinerja organisasi terkait dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Ketiga, instansi telah membentuk Tim Penilai Kinerja PNS sesuai Peraturan Perundang-undangan.

Keempat, instansi telah memanfaatkan penilaian kinerja untuk pembinaan PNS, kelima, instansi telah melaksanakan kepatuhan pelaporan Penilaian kinerja PNS (e-Lapkin).

Dan yang terakhir, instansi telah menggunakan aplikasi e-Kinerja yang terintegrasi dengan sistem aplikasi lainnya.

Dirinya optimis, BKPP dapat meraih hatrick prestasi penilaian kinerja ini dengan cara mengembangkan pengelolaan kinerja dengan baik.

Dihubungi terpisah, Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi BKPP yang telah sukses meraih prestasi penilaian kinerja dari BKN Regional XI Manado. 

"Tentunya, saya sangat mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKPP yang sudah berupaya mempertahankan prestasi ini," ucap Marten.

Ia berharap, prestasi yang sama bisa diraih lagi di tahun depan.

"Saya harap terus dipertahankan. Insyaallah, saya akan terus mensupport BKPP," pungkasnya.