Komisi 4: BPIH Bakal Naik, Calon Jamaah Haji Mengeluh

Komisi 4: BPIH Bakal Naik, Calon Jamaah Haji Mengeluh

GOSULUT.ID - Rencana pemerintah menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) menjadi Rp 69 juta membuat calon jamaah haji mengeluh

"Akibat usulan kenaikan ini banyak calon jamaah haji kita mengeluh, katanya kami sudah tidak mampu lagi," ujar Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Gorontalo, Hamid Kuna usai memimpin rapat kerja bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Selasa (24/01/2023).

Pasalnya lanjut dia, rencana kenaikan BPIH sangat mengkhawatirkan calon jamaah haji  mengingat setoran haji yang tinggal menyisakan waktu 3 bulan untuk melunasinya.

"Deposito diawal kan hanya Rp 25 juta, sedangkan kalau jadi naik Rp 69 juta, maka waktu untuk melunasinya tinggal 3 bulan, ini yang membuat mereka resah," imbuhnya.

Secara pribadi Hamid sendiri menolak dengan kenaikan yang cukup besar itu sebab sangat memberatkan karena CJH harus menyiapkan lagi sekitar Rp 45 juta.

"Saya pribadi menolak, karena ini perjalanan ke tanah suci yang dilakukan dengan penuh ikhlas dengan harapan peroleh haji yang mabrur," sambungnya.

Untuk itu Aleg Hanura ini meminta pemerintah  melalui Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo agar  mempertimbangkan kembali rencana menaikan BPIH.

"Kami juga menunggu sikap dari Kementerian Agama bersama Panja DPR RI, kita berharap kalau naik mudah-mudahan tidak terlalu besar misalnya 40 sampai 50 juta," tandasnya.