Komisi 2 Kembali Mediasi Kredit Macet

Komisi 2 Kembali Mediasi Kredit Macet

GOSULUT.ID - Komisi II DPRD Provinsi merekomendasikan permasalahan kredit macet antara dua debitur dengan Bank BRI Cabang Limboto diselesaikan melalui jalan musyawarah.

"Rekomendasi kami agar menyelesaikannya secara musyawarah mufakat," ujar Ketua Komisi 2, Espin Tulie usai menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama pihak BRI Cabang Limboto, YLKI, dan kedua debitur, Senin (14/06/2021).

Menurutnya, rekomendasi yang diberikan mengingat debitur tersebut baru 5 sampai 6 bulan menunda kemudian dari pihak bank telah memberikan solusi yaitu direstrukturisasi tapi angsuran masih mengalami keterlambatan pembayaran.

Espin mengatakan, apa yang dialami oleh kedua nasabah tersebut sebagai imbas dari kondisi masa pandemi covid-19 yang belum berakhir sehingga berdampak pada dunia usaha. Belum lagi kata aleg PDI-P, kedua mengalami musibah sehingga berdampak pada usahanya.

"Debitur pertama, tempat usaha dan gudangnya turut terbakar bersama shoping center. Nasabah kedua, karena jatuh sakit dan suaminya meninggal," ungkapnya.

Meski demikian lanjut dia, debitur tersebut berkewajiban harus tetap menyelesaikan pinjamannya.

"Dan persoalan ini sambil ditengahi oleh pihak YLKI agar kedua pihak ada titik temu dan kredit bisa diselesaikan," pungkasnya.