Kepala Dispusip Kota Gorontalo: Jadikan Hari Lahir OED Sebagai Spirit Literasi Keuangan

Kepala Dispusip Kota Gorontalo: Jadikan Hari Lahir OED Sebagai Spirit Literasi Keuangan

GOSULUT.ID - 20 Juni 1910, tepat 112 tahun lalu, seorang Tokoh Nasional dari Gorontalo Ong Eng Die (OED) dilahirkan. Beliau pun juga pernah menduduki beberapa posisi strategis dalam perjalanan Republik Indonesia (RI), terkhusus dibidang ekonomi, keuangan dan perbankan.

Bertempat di Aula Kantor Dispusip, Pusat Studi Dokumentasi (PSD) HB Jassin dan beberapa lembaga terkait bekerjasama menyelenggarakan peringatan Hari Lahir OED ke-112, dalam bentuk Memory Talk dan Expo Dokumentasi dengan tema "Pemikiran Ekonomi, Tata Keuangan Kawasan Indonesia Timur dan Dinamika Jaringan Niaga Global", Senin (20/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Gorontalo , yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dispusip Kota Gorontalo Sutarto, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya Memory Talk dan Expo Dokumentasi Ong Eng Die tersebut.

"Kami dari Dispusip Kota Gorontalo, mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Memory Talk dan Expo Dokumentasi yang dilakukan oleh teman-teman dari PSD HB Jassin, yang mengangkat 112 tahun Dr. Ong Eng Die, yang mana beliau adalah kelahiran Gorontalo tepatnya tanggal 20 Juni 1910," tutur Sutarto.

Peringatan hari lahir OED ini tambah Sutarto, diharapkan dapat menjadi momentum dan spirit untuk kembali melakukan literasi keuangan kepada generasi muda, agar dapat memahami peran strategi bank dan lembaga keuangan lainnya.

"Baik dalam menunjang perbaikan kehidupan ekonomi serta pembangunan Daerah Gorontalo dan di Indonesia di tengah-tengah percaturan global dewasa ini," tambahnya.

Lanjut Sutarto, teristimewa kegiatan ini juga turut dihadiri langsung oleh keturunan ketujuh dari Ong Eng Die, yang secara langsung mengangkat keberadaannya.

Terakhir kata Kepala Dispusip Kota Gorontalo, pihaknya sedianya membuka selebar-lebarnya ruang bagi siapa saja, terkhusus anak muda yang mau membuat kegiatan seperti yang dibuat oleh PSD HB Jassin ini.

"Kami dari Dispusip Kota Gorontalo, mengaharpkan anak muda bisa melakukan kegiatan semacam ini sebagaimana yang dibuat oleh PSD HB Jassin ini, dan tentunya kami welcome. Silahkan jika ada yang mau mengupas hal-hal yang berbau sejarah silahkan," pungkasnya.