Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio: Paket Multiyears Persevasi Jalan Dilaksanakan Sesuai Kewenangan

Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio: Paket Multiyears Persevasi Jalan Dilaksanakan Sesuai Kewenangan

GOSULUT.ID – Dalam rangka upaya melakukan penyiapan rencana kerja pengendalian, pengawasan serta pemanfaatan sumberdaya konstruksi pelaksanaan preservasi jalan & jembatan sesuai dengan kewenangan. Untuk itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara (Sulut) menyelesaikan paket multiyears preservasi jalan nasional hingga 2024.

Menurut Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio mengatakan, terlaksananya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tentu untuk kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu, melalui anggaran Rp 847 miliar pada tahun 2023 mendatang adalah meneruskan kegiatan yang sudah berjalan di tahun ini.  Antara lain paket proyek yang dikerjakan pada tahun 2022 yakni preservasi jalan essang - rainnis atau di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan nilai kontrak sebesar Rp 204 miliar dan ruas jalan yang akan diperbaiki sepanjang 23 kilometer nanti yakni jalan tanah dengan melalui progres pengaspalan," kata Kepala BPJN Sulut saat diwawancarai di Kantor BPJN Sulut, Rabu (14/12/2022).

Lebih lanjut, Hendro Satrio menjelaskan, bahwa ruas essang rainis di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud telah memiliki 12 jembatan yang akan ditangani oleh pihak BPJN Sulut termaksud penggantian lima jembatan kayu dengan beton. 

"Selain itu juga akan melanjutkan proyek di tahun 2022 sampai dengan 2024 dengan nilai kontrak 171 miliar untuk preservasi jalan Maelang - Biontong - Atinggola yang berada di wilayah batasan Gorontalo dengan anggaran sebesar Rp 133 miliar ditahun 2022-2024," jelasnya.
 
Terakhir, ia menambahkan, terkait paket proyek multiyears yakni preservasi Wori, Likupang dan Girian. Begitupula wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dari jembatan yang sudah ada akan dilanjutkan dengan pembangunan jembatan Rano Wangko. Untuk Kota Manado akan dilaksanakan dengan pelebaran jembatan Sawangan yang ada di ringroad ll dan di lanjutkan pembangunan outer ring road lll pada tahap tiga sepanjang 1,9 kilometer dengan pagu anggaran sebesar Rp 27 miliar.

"Kemudian dengan pekerjaan pemeliharaan (rutin) hal itu dilakukan dengan perbaikan jalan melalui penambalan serta pembersihan (picing). Untuk itu, harapan kami melalui pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dapat meningkatkan perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat," tandasnya.(YH)