Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi Kementerian Pemuda, Esa Sukmawijaya : Puji Pelaksanaan Gowes 2019 Di Gorontalo Utara

Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi Kementerian Pemuda, Esa Sukmawijaya : Puji Pelaksanaan Gowes 2019 Di Gorontalo Utara

Liputan Redaksi

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

GOSULUT.ID – Gorontalo Utara - Kegiatan yang disponsori dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang di laksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), sukses menggelar Gowes Nusantara Etape Ceria 2019, Sabtu (26/10).  

Lomba di ikuti kurang lebih 1.500 peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk unsur TNI, Polri dan komunitas sepeda Se- Provinsi Gorontalo dan  termasuk  Kabupaten Buol Sulawesi Tengah.

Pelaksanaan Gowes yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wita dilepas secara langsung Bupati Gorontalo Utara,Hi.Indra Yasin dan didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Esa Sukmawijaya.

Ikut hadir pada kesempatan itu Bupati Kabupaten Gorontalo, Hi.Nelson Pomalingo. Ini merupakan kali kedua Gorontalo Utara dipercaya sebagai lokasi pelaksanaan Gowes.

Dimana, pada Gowes Nusantara 2019 kali ini dihelat di rute sepanjang sekitar 17 kilometer yang mengambil sejumlah ruas jalan di Kabupaten Gorontalo Utara. Titik start mengambil tempat di Desa Moluo, depan Polres Gorontalo Utara dan titik finis di halaman depan Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Gowes Nusantara yang diadakan di Gorontalo merupakan bagian dari program Gowes Nusantara 2019 yang diadakan di 50 titik kabupaten dan kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Esa Sukmawijaya mengaku bangga dengan pelaksanaan Gowes di Gorontalo Utara tahun ini.

"Satu kata buat Gorontalo Utara, alhamdulillahi rabbil alamin, luar biasa," demikian kalimat yang keluar dari mulut Esa Sukmawijaya mengawali wawacara dihadapan sejumlah awak media.

Hal ini disampaikan Esa Sukmawijaya, karena menurutnya kegiatan ini dilaksanakan secara tulus ikhlas.

"Ini semata-mata kita juga mensyukuri pada bangsa Indonesia. Dan pada kabinet sekarang ini dipimpin oleh Pak Jokowi, salah seorang putra terbaik dari Gorontalo, yakni Pak Zainudin Amali sebagai Menpora. Begitu juga dengan Pak Suharso Monoarfa sebagai Menteri Bappenas," ungkap Esa Sukmawijaya.

Terkait Gowes ini, Esa mengatakan pihaknya tentu sangat menyambut baik, dimana Kemenpora tidak henti-hentinya mendorong kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk gemar berolahraga.

"Bukan hanya membuka saja, tapi kami juga menikmati meter demi meter jalanan di sini (Gorut) untuk juga bersepeda," ujarnya.

Esa Sukmawijaya menilai kehadiran Zainudin Amali sebagai Menpora bukan hanya karena berasal dari Gorontalo, tapi niat dan semangat besar untuk memajukan kepemudaan dan olahraga di Indonesia.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengaku berterima kasih kepada pihak Kemenpora yang telah memberikan kepercayaan kepada Gorontalo Utara untuk melaksanakan Gowes kali kedua.

"Alhamdulillah Gowes kali ini mendapat respon yang begitu besar dari masyarakat Gorontalo, kabupaten/kota ikut serta,”Sambungnya.

Hi.Indra Yasin menambahkan, bersepeda ini sudah dikenal masyarakat sejak dahulu kala, termasuk Gorontalo Utara. Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Apalagi salah satu rekomendasi dari kesehatan untuk memelihara kesehatan jantung, maka diwajibkan untuk bersepeda.

"Oleh sebab itu, mudah-mudahan, karena kita sebagai eksekutif, biasa duduknya lama, di kantor melayani masyarakat. Nah, kita cari waktu untuk menggerakkan tubuh ini, dengan demikian tetap terpelihara kesehatan kita di dalam melayani masyarakat,"Tambahnya.

Hi.Indra Yasin menjelaskan, kegiatan Gowes Nusantara Etape Ceria ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti Atraksi berbagai tarian khas Gorontalo seperti Langga, penampilan Senam Gowes Nusantara, Senam Mopobayahu, live Band Perform, dan Doorprice Sepeda dan berbagai hadiah menarik lainnya.***.