Kemenag Bolmut Gelar Penyuluhan Manasik Haji

Kemenag Bolmut Gelar Penyuluhan Manasik Haji

GOSULUT.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar penyuluhan manasik haji di Masjid Multazam, Bolangitang (30/11/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh penyuluhan Ketua Pokjaluh PAI PNS Provinsi Ibu Mei Kosegeran, PAI Non Pns Bolangitang Barat, Kepala Dinas Kominfo Bolmut bersama istri, para sangadi, imam - imam masjid serta tokoh agama.

Pada kesempatan itu, Kasubag TU Kementerian Agama Bolmut Abdullah Diu mengatakan, penyuluhan manasik haji ini merupakan sesuatu hal yang penting bagi kita, karena ketika mau melaksanakan haji atau umroh perlu adanya bekal. 

"Bekalnya apa saja yakni seperti menghafalkan  do'a-do'a ketika pergi ke baitullah, Sa'i, wukuf, tawaf dan juga bacaan Talbiyah harus diketahui serta belajar amalan sunah nabi, agar mendapatkan haji yang mabrur," kata Kasubag TU Kementerian Agama Bolmut.

Abdullah menjelaskan, bahwa rukun islam merupakan lima perkara dasar yang menjadi syarat utama sebagai seorang muslim sempurna. 

"Pasalnya, Kelima perkara tersebut terdiri dari syahadat, salat, zakat, puasa, dan naik haji bagi yang mampu," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, seperti diketahui bersama bahwa kuota haji dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan jumlah jamaah. Tetapi, kita pun melihat mana saja yang sudah siap untuk diberangkatkan.

"Pada intinya harus mempersiapkan diri dengan baik, fisik, rohani, jasmani dan tidak lupa perbaiki muamalah, muasyarah serta ahlak kita sebelum menuju ke Baitullah (Makkah) supaya selalu dimudahkan oleh Allah SWT menjadi haji yang mabrur," tandasnya.***