Kehadiran Posko Meyke Camaru di Festival Apangi, Beri Edukasi Warga Dan Pengunjung 

Kehadiran Posko Meyke Camaru di Festival Apangi, Beri Edukasi Warga Dan Pengunjung 

GOSULUT.ID - Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Meyke M. Camaru menyiapkan posko khusus dalam memeriahkan Festival Kue Apangi yang setiap tanggal 10 Muharam di gelar dan dirayakan oleh warga Dembe I Kota Gorontalo.

Srikandi dari Partai Golkar ini menegaskan, pendirian posko tidak hanya sekedar ikut meramaikan kegiatan tahunan itu, tapi memiliki tujuan agar suguhan kue khas tradisional ini bisa dikenal lebih dekat oleh seluruh kalangan masyarakat.

"Setiap perayaan kegiatan ini, masyarakat biasanya hanya datang makan dan membawa pulang. Maka di posko ini kita tampilkan seluruh proses pembuatannya, mulai dari membuat adonan bahkan sampai tahap pengemasannya, ini sengaja saya hadirkan agar masyarakat utamanya kaum milenial bisa mendapat pengetahuan cara membuat kue Apangi," jelasnya.

Meyke melanjutkan, selama ini kue Apangi yang ditemui dimana saja termasuk pada festival dari segi tampilan masih tetap seperti itu, sehingga di posko ini juga ia berinisiatif agar penyajian kue tersebut tidak saja original tapi dibuat semenarik mungkin.

"Disini kita bisa suguhkan kue Apangi berbeda dari yang biasanya, misalnya dengan menambahkan topingnya. Alhasil dengan kreatifitas itu kue Apangi yang berada di posko saya banyak diminati dan diserbu pengunjung karena berbagai atraksi yang kita tampilkan dalam membuat kue ini," imbuhnya.

Lanjut dia, posko yang digagasnya ini ternyata mendapat sambutan dan antusias yang luar biasa dari warga. Dari ribuan kue Apangi yang disiapkan habis di serbu masyarakat yang datang.

"Mereka sampai antri berharap bisa mendapat kue Apangi yang disajikan di posko saya, dari sekitar 2500 biji yang disediakan tidak ada satupun yang tersisa," sambungnya.

Menurut Meyke, festival Apangi harus mendapat perhatian serius dari pemerintah karena di satu sisi selain tradisi dan budaya yang perlu dilestarikan tapi di sisi lain mampu menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan dan UMKM.

"Bayangkan berapa banyak kue apangi yang dibuat dan disajikan, ini dengan sendirinya ada pergerakan ekonomi yang terjadi. Kegiatan ini ada berkat swadaya masyarakat disini, mereka sendiri yang menghadirkan dan menghidupkan kreatifitas dari kue Apangi. Dimana masyarakat bergerak disitu pemerintah wajib hadir dan menunjang kegiatan itu," tandasnya.