Kapolsek Randangan Ingatkan Masyarakat Soal Modus Kejahatan di Medsos

Kapolsek Randangan Ingatkan Masyarakat Soal Modus Kejahatan di Medsos

GOSULUT.ID - Maraknya modus kejahatan melalui Media Sosial (Medsos), Kapolsek Randangan Syaifful Djakatara mengingatkan masyarakat Kecamatan Randangan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan medsos, Rabu (17/08/2022).

"Hati-hati buat penggiat Medsos, gunakanlah dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Karena modus kejahatan melalui media sosial kian marak terjadi, mengingat kejadian tersebut sudah terjadi di Kecamatan Randangan. Ada beberapa masyarakat Kecamatan Randangan yang sudah menjadi korban mereka, bila ada yang sudah terlanjur, saya sarankan langsung diblokir saja akunnya," ujar Syaifful Djakatara.

Kapolsek Randangan itu menjelaskan, bahwa langkah - langkah pelaku kejahatan tersebut ialah pertama pelaku akan meminta pertemanan melalui facebook, setelah korban mengkonfirmasi pertemanan, ia akan berupaya mempengaruhi, merayu, sampai korban terpengaruh dengan konsep yang pelaku kejahatan mainkan. Jika hubungan antara pelaku kejahatan dengan korban sudah serius, maka pelaku akan berusaha sedemikian rupa untuk melakukan Video Call Sex (VCS).

"Ketika melakukan VCS, pelaku akan merekam setiap adegannya yang menampilkan korban. Setelah dimatikan, pelaku kejahatan akan meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang. Dengan ancaman jika uang tersebut korban tidak transfer, maka rekaman vidio call tersebut akan disebar luaskan ke publik," pungkasnya.***