Kapolda Gorontalo: Fokus Kami Memprioritaskan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Kapolda Gorontalo: Fokus Kami Memprioritaskan Pencegahan Penyebaran Covid-19

GOSULUT.ID - Polda Gorontalo saat ini memprioritaskan melakukan pencegahan penyebaran covid-19 di Provinsi Gorontalo dengan telah melakukan proses penegakkan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan.

Hal ini diungkapkan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK.,M.SI., MM., saat menghadiri rapat koordinasi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Kepala BNPB RI Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Gorontalo. Rabu (07/10/2020) 

Dikatakan, ada tiga Kabupaten Kota yang menjadi target penyebaran wabah Corona. Hal ini agar kabupaten yang saat ini masih zona merah bisa berubah menjadi zona kuning hingga zona hijau 

“Fokus prioritas kami adalah melakukan pencegahan agar penyebaran Covid-19 dapat terkendali di daerah ini," sambung Wiyagus.

Kapolda menegaskan, proses penegakkan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan telah diberlakukan seperti di wilayah Kabupaten Boalemo.

"Kami sudah melakukan proses penegakan hukum terhadap pemilik usaha pasar malam di wilayah Kabupaten Boalemo karena melanggar protokol kesehatan dengan menerapkan UU Karantina dan UU Wabah Penyakit Menular, dan saat ini berkas perkaranya sudah dikirim ke pihak kejaksaan,"terangnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Polri dan TNI siap mendukung Pemda dan masyarakat dalam upaya cegah covid19 di Provinsi Gorontalo.

"Demi keselamatan masyarakat, kami Polri dan TNI siap All out membantu pemda dan masyarakat cegah penyebaran covid19 di Provinsi Gorontalo,” tutur Wiyagus.

Sebelumnya Kepala BNPB RI Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dalam arahannya menyampaikan data tentang angka penularan Covid-19, dimana Provinsi Gorontalo menempati urutan ke-15 terbawah penularan Covid-19. Oleh karenanya dia mengajak semua pihak  untuk meyampaikan kepada masyarakat bahwa selama vaksin belum ada, maka vaksin yang terbaik adalah dengan menaati protokol kesehatan.

“Sampai saat ini belum ada obat untuk covid-19, yang ada hanya obat untuk meningkatkan imunitas kita, oleh sebab itu yang wajib dilakukan adalah bagaimana membuat imunitas kita meningkat, yaitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, rajin berolahraga, serta istrahat yang cukup dan selalu gembira,” ungkap Doni.

Menyikapi Media sosial yang merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan informasi Protokol Kesehatan dan pentingnya mencegah penyebaran Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengharapkan Kerjasama dengan BKKBN dan TNI Polri untuk sosialisasi dan edukasi perubahan perilaku kepada masyarakat, agar sosialisasi dan edukasi ini dapat lebih tersampaikan.

Pada Rakor membahas penanganan Covid19 bersama Kepala BNPB RI tersebut dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P, Anggota DPR RI Dra. Hj Idah Syahidah Rusli Habibie, MH, Danrem 133/NW Brigjen TNI Czi. Bagus Antonov Hardito, M.A, Sekda Provinsi Gorontalo, Karo Ops Polda Gorontalo, Kapolres Gorontalo Kota, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Gorontalo, serta rombongan BNPB RI.

Editor: Harso Utiarahman