Kadin Gorontalo dan UMGO Jalin Kerjasama, Vera: Bermitra Merealisasikan Edukasi dan Simulasi Secara Bersama- sama

Kadin Gorontalo dan UMGO Jalin Kerjasama, Vera: Bermitra Merealisasikan Edukasi dan Simulasi Secara Bersama- sama

GOSULUT.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gorontalo terus menindaklanjuti program-program kerja dari seluruh wakil ketua bidang salah satu diantaranya membangun kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak baik, pemerintah daerah, instansi vertikal dan BUMN.

Dibawah kepemimpinan Vera Verial, Kadin Gorontalo melakukan terobosan untuk melahirkan entrepreneur- enterpreneur muda di lingkungan kampus dengan berkolaborasi bersama Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

Kolaborasi tersebut melalui Mou dan penandatanganan PKS (perjanjian kerjasama) antara wakil ketua umum dengan sejumlah Program Studi (Prodi) seperti Pertanian, Peternakan, lingkungan hidup dan bisnis. Kolaborasi ini turut melibatkan Prof. Ahmad Zainal Abidin, Ph.D, selaku pencetus Masaro (Management Sampah Zero) ITB, Kamis (2/6/2022).

Dikatakan, Kadin Gorontalo ingin menciptakan Pengusaha-pengusaha muda di Dunia kampus salah satunya di UMGO dengan Menindaklanjuti dengan Mou, kemudian penandatanganan PKS (perjanjian kerjasama) dan nantinya akan ada juga kerjasama antara Rektor dengan Kadin Indonesia.

"Kami akan menjadi mitra strategis untuk merealisasikan edukasi dan simulasi secara bersama- sama," Ungkapnya.

Dikatakan, langkah awal kadin adalah dengan mulai menerapkan pupuk dari sampah (masaro) yang akan digunakan untuk tanaman jagung.

"Mengapa sampah, karena kadin ingin menjadikan UMGO sebagai percontohan yakni kampus bebas sampah," Imbuhnya.

Sementara itu Wakil Rektor UMGO, Apris Tilome mengungkapkan sangat menyambut baik adanya kerjasama antara kampusnya dengan Kadin Gorontalo karena upaya ini dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan lahan praktek bagi mahasiswa.

"Penandatanganan PKS ini untuk mengembangkan produksi baik dibidang pertanian khususnya jagung, juga yang lainnya seperti Perikanan dan peternakan," Katanya.

Ia berharap adanya pendampingan dari Kadin Gorontalo terhadap mahasiswa agar dapat mengaplikasikan prakteknya di lapangan

"Apalagi dengan kehadiran Prof. Ahmad Zainal Abidin, Ph.D selaku pencetus teknologi Masaro ITB ini bisa lebih meningkatkan produksi yang ada di laboratorium UMGO sehingga kampus ini menjadi Kampus Zero sampah," Tandasnya.

Ditempat yang sama Prof. Ahmad Zainal Abidin, Ph.D berharap UMGO dapat menjadi Agen Off Chance (perubahan) dengan menjadikan sampah menjadi modal pembangunan.

"Modal ini hasilnya nanti akan diolah untuk kepentingan Pertanian, perikanan dan peternakan," Tandasnya.