Kades Motolohu Raih Predikat "Desa Cerdas" dari Kemendesa

Kades Motolohu Raih Predikat "Desa Cerdas" dari Kemendesa

GOSULUT.ID - Ulha Usulu Kepala Desa (Kades) Motolohu, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato. Sosok pemimpin yang sederhana dan penuh tanggung jawab ini, diakhir jabatannya periode ke 2 telah mendapatkan predikat Desa Cerdas dari Kementerian Desa, Kamis (02/06/2022).

Tentu hal ini bukan sebuah upaya yang biasa biasa saja, salah satu Kades perempuan yang berada di Kecamatan Randangan itu rupanya mampu membawa perubahan dan kemajuan di Desa Motolohu. Hal ini dibuktikan akan adanya predikat Desa Cerdas dari Kementerian Desa.

Bagi seorang pemimpin yang memimpin ribuan masyarakat dengan beragam karakter manusia tentu tidak mudah bagi Kades perempuan. Namun, akan keteguhan hati yang kuat demi membangun Desa lebih maju serta mensejahterakan warganya. Tentu juga Ulha Usulu banyak menguras tenaga, pikiran, dan waktu untuk menciptakan cita cita masyarakat dan harapanya.

Desa Cerdas adalah Desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Dengan melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan. Menurut Ulha Usulu, Desa Cerdas bukan hanya sekedar berkaitan dengan digitilisasi.

"Jadi, Desa Cerdas itu berkaitan dengan dimensi lingkungan, infrastruktur, mobilitas warga, tata kelola pemerintahan desa, ekonomi warga, kualitas hidup warga desa, dan keterampilan serta inovasi masyarakat desa," tuturnya.

Desa Cerdas yang di tetapkan melalui SK no.55 tahun 2022 tentang penetapan 1000 desa. Lokasi desa cerdas dimana mendorong pembangunan desa yang inovasi dalam memecahkan permasalahanya dengan memanfaatkan teknologi digital melalui program smart village. Dengan beberapa indikator penilaian diantaranya pemetaan potensi desa, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur desa serta produk unggulan desa.***