Ini Kriteria Parpol Koalisi dan Capres 2024 Versi Megawati

Ini Kriteria Parpol Koalisi dan Capres 2024 Versi Megawati

GOSULUT.ID - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan partainya sudah memiliki kriteria parpol yang akan bekerja sama hingga capres yang akan diusung di Pemilu 2024.

Ia mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendorong PDIP untuk bekerja sama dengan partai politik lain dalam menghadapi pemilu. Namun, kata dia, kriterianya harus memiliki rekam jejak sejarah.

"PDIP didorong mengedepankan semangat gotong royong dalam bekerja sama dengan seluruh partai. Terutama yang memiliki rekam jejak sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia," ujarnya. Jumat (10/6/2022).

Hasto belum merinci soal parpol mana yang dia maksud. Namun dia menegaskan prinsip PDIP adalah tunggal dan bergerak ke bawah.

"Manuver dari PDIP adalah tunggal, bergerak ke bawah," imbuhnya.

Ditegaskan, Megawati menginstruksikan beberapa kriteria nama yang layak diusung PDIP dan menjadi calon presiden nantinya. Salah satunya rekam jejak calon.

"Didalam tradisi beliau untuk calon pemimpin itu melihat track record-nya, melihat rekam jejaknya, melihat karakternya, melihat daya juangnya, kemudian sebagai insan yang percaya pada Tuhan tentu juga memohon petunjuk dari Tuhan Yang Mahakuasa mendengarkan aspirasi dari rakyat, itu yang dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri," jelasnya.

Calon pemimpin yang akan diusung nantinya diharapkan tidak hanya berbicara soal elektoral. Namun memperhatikan permasalahan lain yang ada.

"Kerawanan pangan, masalah pendidikan kita sangat khawatir bagaimana negara sebesar Indonesia ini seluruh perguruan tingginya kalah dengan negara-negara tetangga. Jadi pemimpin di antara bangsa-bangsa itu, harusnya lebih dominan daripada sekedar berbicara tentang elektoral," ujarnya.

"PDI-P menginginkan pemimpin itu mengakar sebagai cermin kekuatan kolektif rakyat. Kita tidak ingin ada seorang pemimpin hanya dibangun dari faktor elektoral, tetapi dari kualitas kepemimpinan, dari karakter kepemimpinan, dari agenda-agenda strategis di dalam meyakinkan nasib lebih dari 270 juta rakyat Indonesia. Wacana itulah yang ingin didorong oleh PDIP," tandas Hasto.

Sementara itu Ketua DPD PDI-P Provinsi Gorontalo Mohammad Kris Wartabone dengan tegas menyampaikan bahwa seluruh pengurus partai mulai dari tingkat provinsi kabupaten kota kecamatan sampai desa dan kelurahan berkomitmen menjalankan semua kebijakan, instruksi dan perintah DPP.

"Bahwa semua jajaran pengurus yang berada di provinsi Gorontalo hingga saat ini dan kedepan siap dan tegak lurus melaksanakan segala instruksi DPP partai baik sosialisasi calon presiden dan koalisi, dan kami siap all out memenangkannya," Tegasnya.