Indra Yasin Harap BUMDes Bantu Pasarkan Hasil Bumi Petani

Indra Yasin Harap BUMDes Bantu Pasarkan Hasil Bumi Petani

GOSULUT.ID - GORUT

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin meminta seluh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di 11 Kecamatan mampu membantu memasarkan hasil bumi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah setempat. 

Ia menjelaskan, peran utama BUMDes membantu petani terutama dari sisi pemasaran dengan cara mencari dan mempromosikan hasil pertanian baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Jadi fungsi BUMDes itu menampung semua hasil bumi dari pada hasil masyarakat disitu. Jadi hasil bumi bisa ditampung oleh BUMDes kemudian akan dipasarkan kembali untuk mendapatkan keuntungan tersendiri," ungkap Bupati Indra Yasin, Selasa (28/12/2021).

Iapun mendorong agar BUMDes akan selalu bekerjasama dengan para petani, bahkan disemua sektor lainnya yang ada dimasing - masing desa.

"Jadi peran BUMDes ini seperti Bukalapak, seperti situs jual beli daring. Jadi sistem kerja sama juga harus diterapkan disemua sektor. Baik dipertanian, pariwisatan bahkan disektor kelautan," terangnya.

Iapun berharap kepada semua BUMDes untuk meningkatkan pendapatannya, demi memenuhi target PADes yang maksimal.

"Jadi paling tidak ada keuntungan dari pada BUMDes terhadap Desa. Terutama kerja sama pemasaran hasil bumi dilakukan bersama - sama," tandasnya.(***)