IDI Gorontalo Gelar Musyawarah Wilayah dan Pemilihan Kepengurusan Baru

IDI Gorontalo Gelar Musyawarah Wilayah dan Pemilihan Kepengurusan Baru

GOSULUT.ID - Sempat tertunda selama dua tahun karena covid-19, Musyarawah Wilayah (Muswil) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Gorontalo akhirnya digelar, bertempat di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Minggu (26/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Umum PB IDI Pusat dr. Slamet Budiarto, Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer, Walikota Gorontalo Marten A Taha, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi dan peserta Muswil yang terdiri dari pengurus besar IDI wilayah, pengurus IDI cabang se kabupaten kota.

Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer dalam sambutannya berharap, IDI Provinsi Gorontalo dapat terus memberikan pelayanan cepat dan tangkas pada seluruh masyarakat Gorontalo. Hamka ingin IDI Gorontalo mencontoh sistem pelayanan cepat yang ada di Rumah Sakit di Jawa. 

“Peran IDI sangat signifikan bagi masyarakat untuk bisa tetap sehat. Kita mencontoh sistem RS yang ada di Jawa, misalnya RS di DKI Jakarta ada sistem pelayanan satu pintu di situ pelayanannya cepat," harapnya.

Ia meminta pada pemilihan ketua yang baru tetap mengedepankan musyawarah untuk mufakat daripada pemilihan dengan berbagai kepentingan. 

"Saya meyakini ini karena organisasi profesi, pasti jauh dari kepentingan - kepentingan yang lain dan semoga kepengurusan yang baru ini terus memiliki rasa soliditas yang terbangun kuat sejak awal," Tandasnya.

Sementara itu dr. Rusliyanto Monoarfa selaku Ketua Panitia menyampaikan, kegiatan muswil merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang telah diawali dengan Launching HBDI (Hari Bakti Dokter Indonesia).

"Kurun waktu 114 tahun pengabdian dokter, kami melaksanakan bakti sosial dengan tema IDI Reborn atau IDI terlahir kembali yang maknanya kami ingin memajukan organisasi dengan konsep-konsep yang dapat diterima masyarakat," ungkapnya.

Lanjut dia, selain itu juga IDI menggelar Simposium dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kesehatan dan Gizi Masyarakat dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kegiatan penting dari Muswil adalah pemilihan ketua dan kepengurusan IDI wilayah Gorontalo baru yang dilakukan oleh seluruh pengurus cabang IDi kabupaten kota.

"Total suara nanti yang akan memilih para calon ketua berjumlah 13 suara yang merupakan representatif dari pengurus kabupaten kota. Pada intinya kami mengedepankan musyawarah mufakat dan kedua suara terbanyak," Tandasnya.

Diketahui ada empat nama dokter senior yang masuk dalam bursa calon Ketua IDI Gorontalo yakni dr. A.R Mohamad, Sp.PD.  dr. Irianto Dunda, Sp.S, dr. Rusliyanto Monoarfa dan dr. Medy Sarita, M.Kes.