Harga Kopra Tidak Stabil, Ini Penjelasan Bupati Nelson Pomalingo

Harga Kopra Tidak Stabil, Ini Penjelasan Bupati Nelson Pomalingo

GOSULUT.ID – Bupati Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Nelson Pomalingo menanggapi terkait persoalan naik turunnya harga kopra saat ini.

Bupati Nelson Pomalingo yang selaku ketua umum Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) mengatakan, bahwa penyebab tidak stabilnya harga kopra yakni karena kebijakan Nasional terkait ekport yang harganya dipengaruhi secara global.

“Bicara soal kelapa, ini merupakan komoditas unggulan di Indoensia termasuk di Gorontalo. Sehingga ini akan menjadi perhatian bersama lintas Menteri," kata Bupati Nelson Pomalingo ketika menjadi pembicara Dialog Pro Aspirasi di Radio Republik Indonesia (RRI) Gorontalo, Selasa (13/09/2022).

Nelson menjelaskan, memang secara nasional kelapa belum mendapatkan perhatian khusus. Sedangkan kelapa adalah tanaman unggulan komoditas rakyat nusantara. Oleh sebab itu, para pengusaha kelapa sekiranya melakukan industrialisasi dengan cara menjual kelapa di pabrik-pabrik di daerah.

“Sebagai contoh di Kabgor punya tiga industri kelapa sebagai tempat untuk menjual tersebut. Tidak sekedar dalam bentuk kopra tapi semua manfaat kelapa. Bahkan ada yang diolah menjadi minyak goreng, dan tempurung serta sabut dapat diolah. Hal itu untuk mengantisipasi turunya harga kelapa, pengusaha disarankan untuk memasukan di home-home Industri,” pungkasnya.***