Harapan Deprov Terkabul, Akhirnya Hibah Beasiswa Mengakomodir Berbagai Jurusan

Harapan Deprov Terkabul, Akhirnya Hibah Beasiswa Mengakomodir Berbagai Jurusan

GOSULUT.ID - Keinginan DPRD Provinsi Gorontalo agar pemberian hibah beasiswa dapat mengakomodir semua jurusan telah terjawab dengan adanya kesepakatan antara pimpinan DPRD dan Penjabat Gubernur Gorontalo.

"Alhamdulillah telah ada kesepakatan antara pimpinan DPRD dengan penjagub Gorontalo baru-baru ini, bahwa hibah beasiswa tidak lagi dikhususkan ke 3 jurusan sebelumnya tapi ke berbagai jurusan sebagaimana harapan kami," jelas Ketua Komisi IV Espin Tulie, Senin (1/8/2022).

Namun begitu lanjut dia, porsi untuk 3 jurusan yakni Kedokteran, tehnik dan akuntasi masih mendominasi mengingat SDM terhadap jurusan tersebut masih sangat dibutuhkan di provinsi Gorontalo.

"Kita butuh tenaga dokter, seperti rumah sakit Hasri Ainun Habibie yang saat ini masih kekurangan. Akuntasi juga begitu, OPD memerlukan tenaga yang paham akan alur-alur manajemen, kemudian Infrastruktur di daerah perlu SDM tehnik yang mumpuni," jelasnya.

Espin mengingatkan pemberian bantuan beasiswa harus benar-benar melihat kondisi dan latar belakang mahasiswa calon penerima dengan wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Ada 15 item yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan bantuan beasiswa dan pastinya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah saat ini," sambungnya.

Srikandi PDI-P ini menambahkan, pencairan tahap I dari bantuan itu telah selesai dan saat ini telah memasuki tahap kedua di tahun 2022.

"Kurang lebih anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo biro kesejahteraan sosial sekitar Rp 7 Miliar baik untuk S1, S2 dan S3," tandasnya.