Hadiri Prosesi Adat Molo'opu Camat Atinggola dan Sumalata, Ini Pesan Bupati Indra

Hadiri Prosesi Adat Molo'opu Camat Atinggola dan Sumalata, Ini Pesan Bupati Indra

GORUT (GS) - Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menghadiri prosesi adat Molo'opu Camat Atinggola dan Camat Sumalata, Selasa (08/07/2021).

Proses Adat Gorontalo Moloopu yang merupakan adat istiadat yang harus dilaksanakan kepada pejabat baru yang resmi dilantik ini diawali dangan mengisi adat turun dari rumah kediaman pribadi menuju Rumah Jabatan (Yiladia).

"Karena prosesi adat Molo'opu ini merupakan upacara penjemputan secara adat dari kediaman pribadi ke Yiladia atau rumah jabatan," ungkap Indra Yasin.

Ia mengatakan, selain sebagai keharusan mengurus tatanan adat juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat. Mengingat dalam setiap upacara adat Moloopu, sejumlah tokoh adat menyampaikan petuah-petuah adat yang wajib dipegang teguh oleh setiap pimpinan daerah, termasuk jabatan camat. 

"Dalam petuah itu, sebagai pemimpin, kedua camat diingatkan untuk bertutur dengan lembut agar disegani oleh penduduk negeri (masyarakat)," jelas Indra Yasib yang bergelar adat Taula Lomadala itu.

Indra Yasin, mengingatkan dengan telah menjalani prosesi adat Molo'opu, maka kedua camat sudah dapat menjalankan tugas di wilayah kerja masing-masing. 

"Keduanya sudah bisa turun hingga ke pelosok desa di wilayah yang dipimpin. Saya berharap, kedua camat, setelah menjalani prosesi adat Molo'opu ini dapat senantiasa bersinergi mendukung apa yang menjadi program, mulai dari pusat hingga daerah," tandasnya.(***)