Hadapi UNBK, Dikbudpora Bekali 126 Proktor SMK- MTs

Hadapi UNBK, Dikbudpora Bekali 126 Proktor SMK- MTs

GOSULUT.ID - PEMPROV - Sebanyak 126 Proktor yang berasal dari SMK dan MTs se Provinsi Gorontalo dibekali materi oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, guna menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kota Gorontalo, Rabu (12/2).

Kepala Dikbudpora Yosep P Koton dalam sambutannya mengatakan, peran dan tugas Proktor sangat penting agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan.

"Proktor adalah orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah pada pelaksanaan UNBK online," katanya.

Ia menerangkan Proktor bertugas menjaga server dan jaringan client di ruang ujian supaya tetap terhubung. Juga memperbaiki masalah-masalah teknis jaringan, seperti soal yang tidak muncul, tidak bisa log in dan lainnya. 

"Setelah ujian usai, proktor pula yang berwenang mengunggah jawaban siswa ke server pusat," terangnya.

Yosep mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan pemantapan yang dilaksanakan selama dua hari sejak 12 sampai 13 Februari dengan sebaik-baiknya.

"Tahun kemarin kita mendapat rangking 2 setelah Provinsi DKI Jakarta dalam pelaksanaan UNBK. Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti dengan serius agar pelaksanaan UNBK nanti bisa sukses bahkan bisa rangking 1 dari Jakarta," harapnya.

Editor: Harso Utiarahman