Guru Dari Luar Bone Bolango Butuh Fasilitas Tempat Tinggal

Guru Dari Luar Bone Bolango Butuh Fasilitas Tempat Tinggal

GOSULUT.ID - Guru-guru di Bone Bolango mengharapkan pemerintah dapat memberikan perhatian berupa fasilitas tempat tinggal karena ada sebagian dari mereka berasal dari luar daerah.

Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Yeyen Sidiki saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango, Selasa (21/6/2022).

"Fasilitas tempat tinggal sangat diharapkan apalagi yang bertugas di tempat jauh atau terpencil, karena dari mereka (guru) tidak semuanya bertempat tinggal di Bone Bolango tapi ada yang dari luar daerah," ungkapnya.

Menurutnya, pemberian fasilitas tempat tinggal seperti perumahan bagi guru perlu menjadi perhatian pemerintah agar hal ini tidak menjadi kendala sehingga menjadi salah satu faktor penghambat pelaksanaan proses belajar mengajar disekolah.

Guru lanjut yeyen, di satu sisi dituntut wajib memenuhi seluruh jam mengajar, harus tepat waktu berada di sekolah ditambah lagi tugas-tugas tambahan lain yang dibebankan sekolah kepadanya, belum lagi memikirkan ongkos transportasi setiap harinya, kebutuhan rumah tangga bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Dikatakan, saat ini pemerintah gencar-gencarnya terus berupaya memeratakan layanan pendidikan di seluruh kabupaten kota agar masyarakat yang berada di wilayah mana saja dapat mengaksesnya.

Upaya ini memerlukan kolaborasi yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota dalam sektor pendidikan sehingga bisa memacu peningkatan angka Indeks pembangunan manusia (IPM). 

"Dan salah satu langkah yang perlu diupayakan adalah memberikan fasilitas tempat tinggal atau perumahan terhadap guru-guru yang mendedikasikan dirinya di daerah terjauh. Fasilitas tempat tinggal ini merupakan aspirasi guru-guru agar mendapat perhatian dan tindak lanjut pemerintah baik Kabupaten Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo," pungkas Srikandi golkar ini.