"Gubernur Cukup Bekerja Saja", Sekum KNPI Provinsi Gorontalo : Fokus pada Masalah Kemiskinan 

"Gubernur Cukup Bekerja Saja", Sekum KNPI Provinsi Gorontalo : Fokus pada Masalah Kemiskinan 

GORONTALO - GOSULUT.ID

Dalam pemaparan Irjen Kemendagri Tomsi Tohir terkait hasil Evaluasi Kinerja Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo, Hamka Hendra Noer telah selesai. Dan menghasilkan Kriteria Cukup. 

Menurut Sekum KNPI Provinsi Gorontalo, FanLy KatiLi, S.Pd, S.H dalam Press Release yang dikirim WhatsApp redaksi GOSULUT.ID mengatakan, hal ini tentunya menjadi Spirit baru oleh Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, terutama  dalam mengelola dan menata pemerintahan yang tujuan utamanya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gorontalo agar terjamin dan tentunya keluar dari level  kemiskinan.

Untuk mencapai hal itu, Penjabat Gubernur tentunya perlu ekstra tenaga tambahan dalam menangani kemiskinan di Gorontalo yang hingga kini masih bertahan pada tingkat 5 terbesar secara nasional. 

Sangat disadari bahwa hal itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dengan kalimat Bim Salabim. Untuk itu, Pejabat Gubernur secara pribadi mungkin perlu melakukan evaluasi secara totalitas dalam pemerintahan, yakni melalui Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) yang merupakan produk akhir SAKIP, dimana hal tersebut menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Lebih lanjut Fanly mengungkapkan, dimana penyusunan LAKIP berdasarkan siklus anggaran yang berjalan satu tahun. Maka yang wajib dievaluasi pada konteks ini adalah perjanjian kinerja antara atasan dan bawahan. Kinerja Perangkat Daerah mulai dari Sekda, Eselon II hingga seluruh Pejabat Fungsional. Hal ini Tentunya akan berbanding lurus dgn apa yang akan dilakukan oleh team Work dlm hal ini Pemerintah Provinsi Secara Keseluruhan. Bila kinerja aparatnya baik maka tentunya kinerja Pimpinanpun Baik (Pj).

Untuk itu, Penjagub Gorontalo, sebaiknya lebih fokus pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Yang
Tujuannya utk Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. LPPD ini dibuat agar supaya hasil laporan menjadi lebih terstruktur  dan sistematis serta dapat menyajikan sebuah data yang akuntabel dan dapat dijadikan ukuran Kinerja Pemerintahan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Maka, terkait adanya Polemik yang sengaja diciptakan oleh oknum oknum tertentu utk menciptakan image yang kurang baik terhadap hasil evaluasi kinerja Gubernur  Gorontalo adalah sesuatu yang lumrah terjadi kepada siapapun Pemimpin di Negeri ini, termasuk di provinsi Gorontalo. Hampir Tidak ada pemimpin yang mampu memuaskan semua orang. Namun saran saya, agar Pak Gubernur memahami hal itu sebagai Wujud perhatian serta apresiasi warga terhadap apa dicapai oleh Gubernur meskipun dengan umur kepemimpinan baru seumur jagung.

Saran saya agar kiranya Pertama, Penjagub Gubernur, Hamka Hendra Noer bekerjalah lebih fokus lagi dalam mengurus pemerintahan dan rakyat Gorontalo, supaya bisa keluar dari garis kemiskinan. Yang menjadi sorotan utama Rakyat Gorontalo. Kedua, dalam menjalankan amanah, semua kebijakan, jangan sampai bermasalah hukum, bahkan  mengorbankan Aparat di bawah. Ketiga, wujudkan Ivent internasional yang telah dirintis oleh pak Gubernur. Yakni Asian Mini Soccer yang diyakini dapat mengangkat nama Gorontalo di dunia internasional. Karena selama ini Gorontalo belum pernah mendapat kepercayaan pada moment  bergensi sekelas ini. Dan selanjutnya sukseskan Pemilihan Umum 2024 secara baik dan benar sebagaimana yg dimanahkan. Dan yang  paling akhir adalah Sejahterakan nasib para petani Gorontalo, karena  petani salah satu instrumen kalangan yg bisa menekan serta  menurunkan angka kemiskinan Gorontalo.***