Gorut 2 Kali Raih Prestasi Kabupaten Peduli HAM, Wabup Thariq: Ini Patut Dipertahankan!

Gorut 2 Kali Raih Prestasi Kabupaten Peduli HAM, Wabup Thariq: Ini Patut Dipertahankan!

GOSULUT.ID - Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) salah satu kabupaten terbungsu di Provinsi Gorontalo yang pernah meraih predikat sebagai daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM) ditahun 2015 dan 2020.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Gorut Thariq Modanggu, pada rapat persiapan pelaksanaan "Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP-RANHAM)" Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2021, di Aula Tinepo, Selasa (06/07/2021).

"Jadi pada tahun 2015 dan 2020 itu Gorut pernah meraih prestasi sebagai daerah peduli HAM. Sehingga menurut kami sebuah prestasi ini harus dipertahankan. Karena pelayanan hukum kepada masyarakat jadi faktor pendukung pencapaian daerah peduli HAM untuk mempertahankan sebuah prestasi itu," ungkap Wabup Thariq.

Thariq menjelaskan, lahirnya berbagai produk hukum negara/daerah yang ditujukan untuk penguatan pelayanan kepada masyarakat juga, menjadi faktor pendukung pencapaian penghargaan tersebut.

"Nah, sehingga lebih dari itu menurut saya bahwa yang paling penting adalah bagaimana pemerintah daerah memenuhi instrumen - instrumen yang dibutuhkan, yang benar - benar mencerminkan pelayanan negara, atau pemerintah daerah terhadap HAM. Misalnya, pelayanan terhadap perempuan, lansia, disabilitas, dan ini hal - hal yang dipenuhi daerah secara maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik," ujarnya.

Lebih jauh ia menegaskan, khusus untuk kabupaten peduli HAM dimana instrumen - istrumennya itu harus diisi secara jujur, kemudian akan dibuat matriksnya, agar supaya kelihatan mana produk perundang - undangan seperti perbup yang belum ada segera diadakan yang berkaitan dengan pelayanan.

"Ada beberapa disitu yang harus dilaksanakan, misalnya pelayanan kepada lansia, anak, disabilitas, sehingga akan kelihatan bahwa daerah ini benar - benar daerah yang memberikan pelayanan kepada warga - warga yang memang membutuhkan pelayanan terbaik," tandasnya.(*)