Gorontalo Memiliki Kekayaan Cukup Besar Menarik Wisatawan, Ketua BPK RI : Tolong Dijaga

Gorontalo Memiliki Kekayaan Cukup Besar Menarik Wisatawan, Ketua BPK RI : Tolong Dijaga

GOSULUT.ID – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Agung Firman Sampurna meminta Pemprov Gorontalo bisa terus mengembangkan wisata hiu paus Botubarani. Karena merupakan potensi wisata yang sangat layak jual.

Dirinya mengaku terpikat dengan keindahan wisata hiu paus. Hal tersebut disampaikan setelah usai melihat langsung enam ekor hiu paus, di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango, Sabtu (12/6/2021).

Apalagi, jarak hiu paus yang hanya puluhan meter dari bibir pantai membuat wisata itu terasa mudah dan aman. 

Dalam kesempatan itu, Agung Firman Sampurna yang juga Ketua Umum PP PBSI langsung didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Rektor UNG Dr. Eduart wolok, menggunakan perahu dalam memberi makan hiu paus yang meliuk liuk di sekitar mereka.

Menurutnya, hal ini sebuah pengalaman yang luar biasa, sebab sebuah karya Tuhan yang perlu kita jaga. Hiu paus spesies yang sangat langka tapi di sini mudah kita menjumpai dan berinteraksi dengan mereka.

“Ini kekayaan besar, dan potensi alam yang sangat kaya pak gubernur. Untuk menarik perhatian wisatawan, namun bukan cuma hiu pausnya yang kita jaga, tapi lingkungan harus dijaga, jangan buang sampah sembarangan. Mudah-mudahan ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam upaya membangun ekonomi terpadu teluk tomini,” tutur Ketua BPK RI.***