Gemilang Masuk Lomba Pacuan Kuda, Bupati Nelson Pomalingo : Bulan November Kita Bikin Lomba Pacuan Kuda

Gemilang Masuk Lomba Pacuan Kuda, Bupati Nelson Pomalingo : Bulan November Kita Bikin Lomba Pacuan Kuda

Laporan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Yance Harun 

 

 

 

 

GoSulut.ID -Limboto- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri kegiatan lomba pacuan kuda di lapangan yosonegoro kecamatan Limboto barat, kamis (13/06/19).

Kegiatan ini rutinitas setiap tahun  dilaksanakan dalam rangka menyemarakan lebaran katupat. Peserta-nya bukan hanya dari Gorontalo, namun diikuti peserta dari Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, pemerintah Kabupaten Gorontalo ber-komitmen mendukung kegiatan produktif semacam ini.

”Pacuan kuda ini sangat luar biasa, karena pesertanya dari luar daerah banyak sekali, sehingga animo masyarakat menonton besar,"Sambungnya.

Nelson Pomalingo menambahkan, lokasi itu adalah aset daerah pemerintah Kabupaten Gorontalo yang sekarang dikelola pemerintah provinsi.

”Mudah-mudahan kedepan kita bisa kolaborasi," kata Nelson Pomalingo.

Pemerintah akan mendorong olah raga pacuan kuda ini, karena kita memang punya fasilitas, tetapi ini menjadi destinasi wisata.

”Agar para pengunjung yang datang tidak sekedar orang - orang yang punya kuda, tapi menarik bagi semua orang. Apalagi, momentum-nya bertepatan dengan lebaran ketupat," ucap Nelson Pomalingo.

Diakhir sambutannya, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan pada bulan november tahun ini akan dilaksanakan pacuan kuda.

”Di-rangkai-kan dengan ulang tahun kabupaten, maka akan di adakan lagi pacuan kuda di lapanga Yosonegoro,"ujar Nelson Pomalingo.

Untuk diketahui, lomba kuda pacu dalam rangka hari raya ketupat, pesertanya berjumlah 30 orang, Kuda gerobak 39 orang dan karapan sapi 44 pasangan.

Dalam kesempatan itu, kuda bernama Gemilang milik Bupati Nelson Poamalingo, berhasil menjadi juara pada putaran pertama dengan jarak tempuh 900 Meter.***