Gelar Rakor TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Bahas Penanganan Covid-19

Gelar Rakor TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Bahas Penanganan Covid-19

GOSULUT.ID - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gorontalo gelar rapat koordinasi (Rakor), terkait percepatan penanganan Virus Corona atau Covid -19, Rabu ( 08/04/2020)

Rakor ini dipimpin langsung ketua TP-PKK Dr. Fory Naway dan diikuti oleh ketua-ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Gorontalo.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam rakor itu, diantara peran PKK dalam menindak lanjuti intruksi pemerintah pusat dan himbauan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo terkait percepatan penanganan penyebaran virus corona di wilayah masing-masing.

Lewat kesempatan ini Ketua TP-PKK Dr. Fory Naway menyampaikan, PKK Kabupaten Gorontalo dalam rangka memutuskan rantai penyebaran covid-19, telah mencanangkan disetiap kecamatan dan desa untuk melakukan gerakan penanaman tanaman obat keluarga (Toga).

" Diantaranya, tomulawak, jahe merah dan putih, kunyit dan serei. Gerakan ini telah dimulai dari kecamatan limboto dan limboto barat dilokasi pekarangan kelompok dasa wisma, " ujarnya.

Selain gerakan menanam Toga, dirinya pun telah mengintrusikan kepada seluruh ketua PKK desa dan kecamatan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Ketua-ketua PKK desa harus rajin mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga.

“ Edukasi minimal protokol kesehatan itu dimulai dari lingkungan keluarga, di kantor sekertariat PKK, kantor pemerintahan, rumah – rumah warga hingga di sekolah-sekola TK dan PAUD, karena bunda PAUD desa dan kecamatan itu melekatnya di ketua-ketua PKK desa dan kecamatan," paparnya.

Lebih lanjut, Fory menyebutkan, edukasi protokol kesehatan kepada warga itu, diantara membiasakan cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menyiapkan hand sanitasion,olah raga teratur,gunakan masker setiap saat,perbanyak komsumsi makanan bergizi,hindari jabat tangan atau fisik.

“ Walaupun dalam keadaan virus corona, namun ibadah tetap dilaksanakan sesuai anjuran, dan tentunya memperhatikan himbauan-himbauan pemerintah. Tadarus al-quran tetap dilaksanakan di rumah-rumah, kegiatan-kegiatan agama lainnya tetap mengacu pada himbauan pemerintah selama kondisi daerah dan negara belum pulih dari pendemi virus corona, "tuturnya.

Diakhir rapat itu, istri Bupati Gorontalo itu menyampaikan beberapa agenda program PKK yang masih ditunda. Diantaranya program Bimtek SIM, jumbara PKK, jumbara lansia, jumbara PPKBD dan sub serta agenda lainnya.

" Kegiatan ini tetap dilaksanakan akan tetapi menunggu situasi pulih kembali dari penyebaran virus corana atau covid-19, "ucap Fory.

Terlihat dalam video Conference, ketua-ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Gorontalo melaporkaan berbagai program penanganan covid-19 diwilayah masing-masing yang sudah dilaksanakan. Pantauan, peran PKK hingga dasa wisma telah dilaporkan. program penangan virus mematikan itu sebagai bagian PKK adalah mitra pemerintah daerah.***

Editor : ALWIN IBRAHIM