Galian C di Paguyaman Bermasalah, Komisi II Bakal 'Lapor' ke Pusat

Galian C di Paguyaman Bermasalah, Komisi II Bakal 'Lapor' ke Pusat

GOSULUT.ID - Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo menemukan sejumlah masalah terhadap aktifitas pertambangan galian C yang ada di Desa Sosial Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.

Ketua Komisi, Espin Tulie menyampaikan, dari temuan yang didapati seperti lokasi pertambangan dibiarkan begitu saja ketika ijin dari perusahaan yang mengolahnya sudah berakhir .

"Kami menemukan tempat yang menjadi aktifitas mengolah hanya dibiarkan saja, seharusnya ini dilakukan reklamasi," ungkapnya, 

Masalah lainnya adalah aktifitas perusahaan yang sudah melewati dari zona yang diberikan ijin, bahkan sudah memasuki 
hutan lindung.

Menurutnya persoalan ini benar-benar mendapat perhatian serius dari pihak terkait dalam hal ini Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Trans Provinsi Gorontalo.

"Kami berharap dilakukan evaluasi, bila memang ada kesalahan baik dari perusahaan, pengawas harus diberikan punishman," tegas Aleg PDI-P ini.

Dikatakan, bila masalah tersebut dibiarkan saja dampaknya dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan bencana alam.

"Lihat saja kondisi hujan saat ini, yang cepat sekali menimbulkan banjir karena dampak dari kerusakan lingkungan yang ditimbulkan salah satunya dari aktifitas pertambangan," imbuhnya.

Espin menegaskan, Komisi II akan segera menindak lanjuti temuannya tersebut ke pemerintah pusat.

"Masalah ini akan kami bawa ke Kementrian dan meminta agar perusahaan-perusahaan pertambangan dilakukan evaluasi, termasuk mengecek kesalahan atau kekeliruan apakah di tingkat pengawas, pemberi rekomendasi atau pelaksananya," tandasnya.