Fraksi Golkar Ingatkan Pemprov Gorontalo

Fraksi Golkar Ingatkan Pemprov Gorontalo

GOSULUT.ID - Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Gorontalo mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan percepatan serapan anggaran.

"Agar APBD yang bertambah besar itu tidak hanya akan mengembangkan Silpa baru di tahun di akhir tahun anggaran 2022," imbuh Sun Biki, Senin (19/9/2022).

Ia menyampaikan, seperti diketahui bahwa realisasi serapan anggaran sampai dengan bulan Agustus presentasinya dalam APBD baru mencapai 1,7 Triliun atau 58,39 persen.

"Ini berarti 3 bulan kedepan penjabat gubernur harus bekerja ekstra lebih keras supaya tambahan anggaran 361 miliar ini benar-benar dapat dipacu guna mencapai target yang telah ditetapkan secara optimal," sambungnya.

Kata dia kembali, untuk 90 atau 100 hari kedepan dengan sisa anggaran sekitar 1 Triliun, paling tidak gubernur harus menghabiskan sekitar 100 miliar dalam 1 hari untuk dapat memaksimalkan penyerapan anggaran.

Sun Biki mengingatkan kembali penyampaian Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sering mengingatkan bahwa jangan sampai daerah-daerah menyebabkan masyarakat makin bertambah sulit dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Sedangkan pemerintah lebih senang menyimpan uangnya di Bank ketimbang uang tersebut dibelanjakan untuk mengejar target-target yang telah direncanakan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui APBD- P Provinsi Gorontalo tahun 2022 telah diketuk dengan jumlah mencapai 2 Triliun lebih dari angka sebelumnya sebesar 1,7 Triliun. Tambahan ini diperoleh dari dana Silpa 235 Miliar, tambahan dana pensiun 125 Miliar serta tambahan pendapatan daerah sebesar 3, 586 miliar.