Fadel: Pemuda Harus Perkokoh Nilai Kebangsaan dan Pancasila Dalam Dirinya

Fadel: Pemuda Harus Perkokoh Nilai Kebangsaan dan Pancasila Dalam Dirinya

GOSULUT.ID - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad bersama Universitas Ichsan Gorontalo (UNISAN) melaksanakan Fokus Group Discussion (FGD) yang digelar di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo. Sabtu (30/10/2021).

Kegiatan dengan mengangkat tema "Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan dan Pancasila mMelalui Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga", selain dihadiri mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden SBY, turut menjadi narasumber pada FGD tersebut, Anggota DPD RI Abddurrahman Abubakar Bahmid, Rektor UNISAN Dr. Abdul Gafar Latjoke, Tokoh Pemuda Dedy Muslim dan Ardy Wiranata Arsyad.

Kata Fadel, pembinaan pemuda dan olahraga harus turut disertai dengan juga mengembangkan nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila. 

"Mereka (pemuda) harus memperkokoh nilai kebangsaan serta nilai-nilai pancasila didalam dirinya, sehingga bisa menjadi duta bangsa dalam menyebarkannya," Ujarnya.

Saat ini lanjut dia, tantangan pancasila adalah adanya idiologi-idiologi baru yang nilai-nilainya justru bertentangan dengan kepribadian bangsa indonesia yang disebarkan luas melalui media sosial.

"Kita tahu diera digital saat ini, Idiologi-idiologi tersebut ini banyak disebarluaskan melalui media sosial," Imbuh Fadel.

Menurutnya, di satu sisi media sosial memberi keuntungan bagi kaum muda dalam meraih prestasi. Ketika prestasinya mendunia mampu menarik warga dunia untuk mempelajari budaya indonesia.

"Bisa jadi media sosial dapat membahayakan untuk bidang pemuda dan olahraga jika tidak digunakan dengan bijak," Pungkasnya.