Espin: Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Ramadhan

Espin: Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Ramadhan

GOSULUT.ID - Stok atau Pasokan BBM dan LPG di Provinsi Gorontalo selama bulan suci ramadhan tahun ini dipastikan aman.

"Sebagaimana penjelasan pihak pertamina, stok akan kedua kebutuhan tersebut selama bulan puasa ini aman," kata Ketua Komisi II, Espin Tulie, Senin (19/04/2021).

Espin menyampaikan, Pertamina menyiapkan seluruh lembaga penyalur untuk memastikan stok BBM aman dan menambah pasokan LPG serta menyiagakan Pertamina Delivery Service (PDS) untuk memudahkan masyarakat memesan produk Pertamina. 

Dikatakan, prinsipnya stok akan tetap aman sampai dengan pada perayaan lebaran nanti, namun jika itu ada permainan harga artinya ini berada di tingkat pengecer.

Lanjut dia, komisi II saat ini sudah turun ke agen-agen dan pangkalan untuk mengecek dan memastikan ketersediaan LPG misalnya melihat mekanisme distribusi dari PT. Tri Ariesta Dinamika yg ada di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.

"Kemudian ke SPBE, agen, pangkalan jadi tingkat paling bawah itu pangkalan itu alur pendistribusian pangkalan inilah yg men suplly gas ke masyarakat," sambung dia.

Espin melanjutkan, hingga saat ini pihak pihak terkait sudah turun kelapangan rangka mengecek penjualan-penjualan yang sudah melebihi Harga eceran tertinggi( HET).

"Di beberapa pasar masih ada yang jual debgan 40 ribu per KG tabung gas 3 kilo, ini sudan diantisipasi oleh stakeholder melalui Satgas dinas Perindag, Pertamina, TNI dan Polri. Kami juga sangat mengapresiasi progra Langit Biru oleh Pertamina yg sementara di uji coba di kabupaten Gorontalo dan kota gorontalo," imbuhnya.

Sebelumnya, pihak Pertamina MOR VII Unit Manager Communication, Relations dan CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali melalui release yang diterima gosulut.id baru-baru ini menyampaikan, pihak Pertamina menjamin ketersediaan dan pelayanan energi dilakukan secara optimal agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman pada Bulan Suci Ramadhan 1442 H ini.

Dikatakan, Pertamina menambah pasokan LPG 3 kg fakultatif pada bulan April di Sulawesi sebanyak 645.720 tabung atau 4.66% lebih banyak dari alokasi normal bulan April yang tersebar di 6 Provinsi di Sulawesi dengan rincian Sulsel 318.040 tabung, Sultra 46.280 tabung, Sulteng 132.720 tabung, Sulbar 30.040 tabung, Sulut 81.920 tabung dan Gorontalo 36.720 tabung.

"Pertamina mengawasi seluruh lembaga penyalur BBM dan LPG untuk tetap mematuhi protokol COVID-19 dan menyalurkan produk sesuai target sasarannya,” tandasnya.