Donor Darah Yang Ke 69 Kali, Adhan Ikhlas Membantu Tanpa Berharap Pamrih Apalagi Penghargaan

Donor Darah Yang Ke 69 Kali, Adhan Ikhlas Membantu Tanpa Berharap Pamrih Apalagi Penghargaan

GOSULUT.ID - Diluar sosoknya yang keras, tegas dan kerap bersuara lantang mengkritik kebijakan pemerintah yang dianggap tidak memihak kepentingan rakyat ternyata Adhan Dambea memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi.

Mungkin masyarakat kurang mengetahui bila mantan Walikota Gorontalo periode 2018-2023 ini merupakan pendonor darah aktif sejak lama.

"Sebelum menjadi anggota DPRD Kota Gorontalo, saya sudah melakukan donor darah untuk membantu PMI dan utamanya mereka yang sangat membutuhkan," ujar Anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu saat ditemui pada Kegiatan Donor Darah di Desa Luwoo Kecamatan Telaga Jaya, Sabtu (21/01/2023).

Pada aksi donor yang dilaksanakan itu, mantan Ketua DPRD Kota Gorontalo ini terhitung telah menyumbangkan darahnya yang 69 kali.

"Sebelumnya dilaksanakan di Rumah Sakit Aloei Saboe dan tidak lama dari situ kembali saya lakukan pada kegiatan ini," sambung legislator PAN ini.

Ia mengatakan, niatnya melakukan aksi sosial itu semata-mata ikhlas agar bagian penting dari dirinya itu dapat dipergunakan untuk membantu orang atau masyarakat yang sangat memerlukan suplai darah

"Mungkin pada keadaan tertentu ada yang tidak butuh tapi ketika diwaktu genting darah yang kita sumbangkan ini dapat menolong mereka yang harus segera memerlukan darah. Pernah saat santai di salah satu warkop, saya mendapat informasi bahwa di rumah sakit aloei saboe ada masyarakat membutuhkan darah, secepatnya tanpa menunggu lama saya segera meluncur kesana untuk mendonorkan darah," tuturnya.

Adhan menegaskan, sejak awal dirinya tidak mengharapkan sesuatu apapun dari aksi donor yang dilakukan, apakah itu pada kegiatan-kegiatan aksi donor darah atau ketika membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

"Apalagi mengharapkan penghargaan dari siapapun atau pemerintah apabila telah sekian kali berdonor darah, tidak terbesit sama sekali dipikiran saya untuk mendapat Award atau apapun namanya. Darah yang mengalir dalam diri saya ketika keluar itu demi kepentingan membantu umat dan masyarakat," tegasnya.

Menurut pemilik golongan darah B ini, dengan melakukan aksi positif ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pendonor seperti dari sisi kesehatan misalnya kata beberapa dokter bisa membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan dan resiko kanker dan meningkatkan produksi darah 

"Intinya dengan kita rutin berdonor darah akan menyehatkan kita dan tentu saja bila kita lakukan secara ikhlas untuk membantu tanpa mengharapkan pamrih atau penghargaan menjadi bekal pahala kita di Akhirat nanti," tandas Adhan.