Diera Pandemi COVID-19, Angka Kemiskinan di Gorut Mengalami Kenaikan

Diera Pandemi COVID-19, Angka Kemiskinan di Gorut Mengalami Kenaikan

GORUT (GOSULUT.ID)

Diera pandemi COVID-19, Angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo Utara (Utara) mengalami kenaikan signifikan. Dibandingkan pada tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2019 diangka 16,9 persen, kemudian di tahun 2020 diangka 16,0 persen.

"Jadi ditahun ini naik diangka 17,4 persen," kata Wabup Thariq, usai Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan di Gorut, bertempat di Aula Gedung Anbril, Kamis (02/12/2021).

Orang nomor dua di Gorut itu mengatakan, kedepan pemda Gorut sendiri, menyiapkan langkah - langkah ataupun upaya yang sifatnya strategi dalam penanggulangan kemiskinan.

"Antara lain, mengefektifkan bantuan yang diberikan dari lembaga - lembaga, sehingga dapat menghasilkan. Ada juga koordinasi lintas program, OPD, lembaga pendampingan. Karena kalau itu terjadi maka maka akan terjadi sinkronisasi, akan terjadi pendekatan sistematis dan bertahap,” ujarnya.

Selain itu juga memenuhi kebutuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), melalui berbagai bantuan, termasuk meningkatkan usaha dan ekonomi.

“Tetapi memang ada bantuan - bantuan yang diberikan tidak melihat pada data. Misalnya perlu pemberian motor tempem misalnya 25 PK, tidak mungkin diberikan kepada masyarakat yang tidak punya apa-apa. Pasti yang punya perahu, fasilitas begitu juga kepada ketua kelompok,” tandasnya.(***)