Diduga Proyek Bandara Pohuwato Dinilai Rugikan Petani Jagung

Diduga Proyek Bandara Pohuwato Dinilai Rugikan Petani Jagung

POHUWATO - GOSULUT.ID

Pelaksanaaan proyek pembangunan Bandara Pohuwato  dikeluhkan oleh para petani Jagung Desa Imbodu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato, Selasa (13/12/2021).

Pasalnya, debu yang di timbulkan pada saat mobil pengangkut material tanah untuk penimbunan Bandara Penerbangan Pohuwato sangat tebal dan sudah menutupi dedaunan jagung milik para petani yang sangat dekat dengan jalan tersebut.

Menurut Iwayan Suratna, salah satu petani jagung yang terkena dampak pembangunan Bandara Pohuwato menjelaskan, bahwa debu yang saat ini telah menutupi hampir sebagian tanaman jagung miliknya, dan hal itu sangat mengganggu proses pertumbuhan tanaman warga masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Iwayan Suratna mengatakan, bahwa pada pekerjaan Bandara Pohuwato beberapa tahun lalu, sangat berbeda dengan saat ini. Karena, sangat berbeda dengan saat ini, yaitu sepanjang jalan yang di lalui mobil pengangkut material penimbunan itu tidak sirami air menggunakan mobil tangki.

"Dulu ada tangki yang sering menyirami jalan itu, tapi kenapa sekarang tidak ada lagi, saya juga kurang paham kalau kenapa," katanya.

Di tempat yang berbeda, pemuda pemerhati lingkungan Irwan Hanggu meminta kepada pihak DLH Pohuwato dan instansi terkait bisa segera meninjau langsung lokasi yang menjadi akses jalan oleh Proyek Bandara Udara Pohuwato.***