Desa Pilohayanga Terpilih Jadi Perwakilan Kabgor di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Pilohayanga Terpilih Jadi Perwakilan Kabgor di Lomba Desa Tingkat Provinsi

GOSULUT.ID - Dinilai berhasil dalam bertranformasi menjadi kampung digital terbaik di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Desa Pilohayanga dipilih sebagi perwakilan dari Kabgor pada lomba desa ditingkat Provinsi tahun 2022, Rabu (15/06/2022).

Dihadapan hadapan Tim Penilai Lomba Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepala Desa (Kades) Pilohayanga Taufik Husa menjelaskan program - program yang menaungi sektor - sektor pembangunan dan kemasyarakatan.

"Saat ini Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Pilohayanga tengah mengelola sebuah industri herbal dari tanaman kelor sebagai produk kesehatan dan telah memiliki badan hukum," jelas Taufik

Lebih lanjut, Kades Pilohayanga itu menambahkan, kami juga memanfaatkan teknologi digital di era modern sekarang ini, untuk menyediakan kebutuhan literasi bagi masyarakat.

"Terhadap pengelolaan potensi desa, kami memiliki bank data. Aksesnya juga dipegang para Kepala Dusun (Kadus). Melalui Bank Data kebijakan-kebijakan desa kami rumuskan," tambahnya.

Usai menyimak penjelasan dari Kades Pilohayanga, Kadis PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo Slamet Bakri mengungkapkan, sekiranya Desa Pilohayanga dapat menjadi duta Lomba Desa yang mewakili Provinsi Gorontalo ditingkat nasional.

"Lomba Desa kali ini melibatkan Dinas Pangan dan Pariwisata. Akan dilihat apakah desa ini telah mandiri pangan. Saya ingin desa Pilohayanga akan jadi duta Povinsi Gorontalo di tingkat nasional," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Nelson menuturkan, dengan melihat adanya progres pembangunan, ia menyatakan Pemdes Pilohayanga telah melakukan lompatan - lompatan pada peningkatan sektor layanan.***