Desa Pilohayanga Jadi yang Pertama Miliki E-Perpus dan Bank Data di Gorontalo

Desa Pilohayanga Jadi yang Pertama Miliki E-Perpus dan Bank Data di Gorontalo

GOSULUT.ID - Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo menjadi yang pertama memiliki Perpustakaan Elektronik atau E-Perpus di Provinsi Gorontalo, Rabu (15/06/2022).

Diluncurkannya aplikasi E-Perpus untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mencari buku dan dapat mengakses serta membaca 200 buku secara daring dengan menggunakan perangkat elektronik yang disediakan oleh desa.

Tak hanya itu, Desa Pilohayanga juga memberikan pelayanan paripurna dengan menyiapkan Bank Data disetiap Dusun. 

“Sebelumnya sistem informasi pelayanan desa kita sudah elektronik, tetapi sistem ini lebih memaksimalkan lagi dengan menyediakan Bank Data disetiap dusun,” kata Taufik Husa.

Taufik menjelaskan, Bank data ini bisa dimanfaatkan untuk pengurusan izin, surat - surat resmi, hingga surat tanah. Oleh karena itu, masyarakat boleh mengunjungi rumah kepala dusun untuk mengakses sistem layanan tersebut. Setelah dimasukkan kelengkapan datanya di Bank data selanjutnya akan diproses oleh petugas desa di kantor.

“Jadi, gak perlu lagi ke desa, cukup memanfaatkan Bank Data di dusun. Semua akan kita proses, dan kalau suratnya sudah ada masyarakat bisa langsung ambil ke kantor. Bahkan ke depan kita sementara mengembangkan sistem tanda tangan elektronik, jadi masyarakat tak perlu lagi ke kantor,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo Slamet Bakri menuturkan, sekiranya Desa Pilohayanga menjadi duta Lomba Desa yang mewakili Provinsi Gorontalo di tingkat nasional.

"Lomba Desa kali ini melibatkan Dinas Pangan dan Pariwisata. Akan dilihat apakah desa ini telah mandiri pangan. Saya ingin desa Pilohayanga akan jadi duta Provinsi Gorontalo ditingkat nasional," tutur Kadis PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo.

Ditempat yang sama, Bupati Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Nelson Pomalingo bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabgor Fory Naway mengungkapkan, bahwa Desa Pilohayanga akan beroleh penilaian terbaik Lomba Desa ditingkat Provinsi.***