Deprov Mendukung Gagasan IDI Gorontalo Lahirkan Perda Kesehatan

Deprov Mendukung Gagasan IDI Gorontalo Lahirkan Perda Kesehatan

GOSULUT.ID - Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris RA Jusuf menerima kunjungan sekaligus audiensi dengan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gorontalo, Senin (15/8/2022).

Paris menuturkan, tujuan utama dari kunjungan IDI Gorontalo untuk menyampaikan gagasannya terkait regulasi yang mengatur masalah kesehatan di Provinsi Gorontalo.

"Mereka (IDI) berharap perlu ada regulasi yakni Peraturan Daerah yang bisa memayungi dalam bidang kesehatan seperti, peran dokter, pendistribusian dan pengaturan dokter dan tenaga kesehatan, kualitas kesehatan, sekolah, beasiswa, dan sebagainya," ungkapnya.

Ia menegaskan, sebagai lembaga yang mempunyai tupoksi salah satunya soal regulasi yakni legislasi, maka DPRD siap mendukung gagasan tersebut dan akan menjadikan sebagai usul inisiatif DPRD.

"Kami sampaikan, DPRD siap dan meminta untuk mengajukan serta secara bersama-sama akan membahasnya," imbuh Paris.

Ditempat yang sama Ketua IDI Gorontalo, dr. Abdul Rachman Muhammad menyampaikan, masalah kesehatan di provinsi Gorontalo perlu mendapat perhatian yang besar dari pemerintah salah satunya melalui lahirnya Perda yang mengatur hal itu.

"Rencana Perda ini tadi telah disampaikan ke pak ketua untuk kami usulkan sehingga secara bersama-sama dengan DPRD, kita akan berkolaborasi melahirkan Perda Kesehatan," ungkap pria yang biasa di sapa Dokter Tony ini.

Menurutnya, sebagaimana amanat undang-undang yang menegaskan bahwa kesehatan harus mendapat porsi anggaran sebesar 10 persen dari APBD baik Provinsi dan Kabupaten Kota. 

"Tentunya ini perlu ada aturan dibawahnya yang bisa memayungi dan mengatur ini. Termasuk juga distribusi tenaga kesehatan secara umum, begitu juga dokter dan juga sekolah dokter," tandasnya.