Deprov Dukung Ketersediaan Pendidikan Vokasi

Deprov Dukung Ketersediaan Pendidikan Vokasi

GOSULUT.ID - DPRD Provinsi Gorontalo mendukung ketersediaan pendidikan vokasi di provinsi Gorontalo guna menunjang terciptanya tenaga kerja yang profesional dan siap memasuki dunia industri.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo saat menghadiri Kegiatan Sharing dan diskusi vokasi (AdA Start) tentang praktek kerja/pemagangan berkualitas menguntungkan perusahaan dan endidikan dengan pelatih tempat kerja berstandar internasional, yang dilaksanakan Kadin Provinsi Gorontalo di Hotel Grand Q, Selasa (9/8/2022).

"Dukungan kami yakni melalui menciptakan produk hukum daerah," imbuhnya.

Dikatakan, provinsi Gorontalo sangat kekurangan tenaga kerja yang terampil untuk memasuki dunia industri, apalagi guru-guru produktif di SMK telah banyak yang akan memasuki masa pensiun.

"Padahal guru-guru ini sangat menunjang kegiatan pendidikan vokasi," ujarnya.

Aleg NasDem ini bersyukur, Kadin Gorontalo telah berinisiatif melaksanakan kegiatan tersebut. Namun ia juga meminta pihak lainnya juga dapat mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Kadin.

"Kami juga berharap seperti Perguruan Tinggi dapat melakukan hal yang sama," kata Sofyan.

Menurutnya apa yang telah digagas oleh Kadin yang telah berkolaborasi dengan Kadin Jawa Timur dan Kadin Trier Jerman Andreas Gosche, sangat luar biasa demi meningkatkan kualitas dari tenaga kerja Gorontalo.

"Ini sebagai langkah awal untuk dapat membangkitkan harapan dan semangat kita semua. Kedepan ini harus menjadi prioritas dan perlu fokus pada pendidikan vokasi," tandasnya.