Deprov dan Pemprov Sepakat Propemperda Tahun 2023 Sebanyak 13 Ranperda 

Deprov dan Pemprov Sepakat Propemperda Tahun 2023 Sebanyak 13 Ranperda 

GOSULUT.ID - Program pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo tahun 2022 ini telah dibahas antara DPRD bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Biro Hukum Setda Provinsi Gorontalo bersama OPD terkait.

"Dan telah disepakati bersama bahwa program pembentukan peraturan daerah provinsi Gorontalo tahun 2023 adalah sebanyak 13 Ranperda," ungkap Ketua BAPEMPERDA DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo, Senin (19/9/2022)

13 Ranperda itu merupakan 5 ranperda dari DPRD, 5 ranperda berasal dari Gubernur Gorontalo serta 3 ranperda kumulatif terbuka atau yang terkait dengan APBD

"Semua usulan ranperda telah dibahas dan disepakati menjadi propemperda tahun 2023," sambungnya.

Lanjut Adnan, dari aspek penetapan, propemperda tahun 2023 ini harus ditetapkan lebih awal dari penetapan rancangan Perda APBD tahun 2023. Hal ini tidak lain untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan yang mengamanatkan penetapan propemperda sebelum penetapan Rancangan Perda APBd tahun berikutnya, supaya target penetapan propemperda dapat ditindaklanjuti dengan aspek penganggarannya dalam APBD.

"Sehingga terdapat sinergi antara target propemperda dengan supporting anggarannya, olehnya kami segenap anggota BAPEMPERDA mengharapkan kiranya hal ini dapat menjadi perhatian kita semua terutama rekan-rekan Banggar dan TAPD,"imbuh aleg PKS ini.

Lanjut dia, dengan pentingnya perencanaan penyusunan ranperda dengan menggunakan instrumen analisis kebutuhan Perda atau AKP, diharapkan ranperda yang direncanakan dan akan dibentuk sesuai regulasi utamanya pada aspek kewenangan dan penanganan urusan pemerintahan daerah, urgensi atau tingkat prioritas kebutuhan serta mengacu pada capaian atau realisasi Perda tahun sebelumnya.

Berdasarkan kondisi itu, maka tahun 2023, propemperda yang disepakati sebanyak 13 Ranperda, dari aspek kuantitas menurun dari tahun sebelumnya dengan pendekatan selektifitas dan menuju kearah peningkatan kualitas produk hukum daerah.

Tambahnya, walaupun penetapan ranperda dalam propemperda tahun 2023 sejumlah 13 Ranperda, tetapi bukanlah hal yang ringan untuk pencapaiannya. Tetapi dengan spirit kebersamaan antara DPRD dan pemerintah daerah serta semua stakeholder, target ini merupakan target yang optimis.

"Karena kami yakin dan percaya kita semua mempunyai semangat yang sama dan tekad yang kuat untuk menjadikan provinsi gorontalo semakin maju kedepan," tandasnya.