Darda Daraba : DTKS Kabupaten/Kota Penerima Bantuan Harus Diperbaharui  

Darda Daraba : DTKS Kabupaten/Kota Penerima Bantuan Harus Diperbaharui  

Gorontalo (GS) – Pemerintah kabupaten/kota diminta dapat memperbarui data penerima bantuan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara real time atau secara rutin.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba pada pembukaan rapat koordinasi dan sinkronisasi DTKS se Provinsi Gorontalo di Aula lantai III Bapppeda Provinsi Gorontalo, Selasa (2/3/2021).

Karena, data yang update akan membuat penerima manfaat dari sejumlah bantuan sosial akan tepat sasaran. 

Menurut Darda Daraba mengungkapkan, sebaliknya jika data tersebut sama sekali tidak pernah diupdate, maka yang terjadi adalah munculnya anomali data.

Lebih lanjut Darda Daraba mengatakan, pemerintah kabupaten kota memiliki kewajiban dalam melakukan update DTKS melalui proses verifikasi dan validasi data.

"Apalagi DTKS memiliki peran penting untuk menjamin penyaluran bantuan sosial (bansos) yang lebih tepat sasaran dan lebih efektif untuk menyokong perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.Maka seyogyanya data harus valid dan update," katanya.

Darda Daraba menambahkan,  pihak pemerintah desa dan kelurahan untuk lebih peduli dalam melakukan pemutakhiran data atas warganya. Bukan hanya mengusulkan warga miskin baru ke dalam DTKS, namun juga harus melakukan pemutakhiran atas warganya yang sudah ada dalam DTKS, karena bisa jadi kondisi ekonominya sudah lebih sejahtera.

“Keterbukaan kepada publik dan perlakuan yang objektif akan menumbuhkan kepercayaan dari warganya tanpa harus diminta,” tambahnya.

"Bahkan dalam hal pemberian bantuan kepada masyarakat, harus menerapkan prinsip 6T yakni tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi," tuturnya.***