Danrem 133/NW Hadiri Acara Penetapan Gorontalo Sebagai Tuan Rumah Mini Football Asia 2023

Danrem 133/NW Hadiri Acara Penetapan Gorontalo Sebagai Tuan Rumah Mini Football Asia 2023

GOSULUT.ID - Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P menghadiri Acara Penetapan Gorontalo Sebagai Tuan Rumah Mini Football Asia 2023 dan Launching Logo dan Maskot Asian Mini Football Championship 2023, bertempat di Ballroom Hotel Aston, Jum'at (16/9/2022).

Ikut serta hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si, Dir Binmas Polda Gorontalo Kombes Pol Amirjan, SIK, Walikota Gorontalo H. Marten A. Taha, S.E., Mec. Dev, Wakil Walikota Gorontalo Riyan F. Kono, B.Com, M.A.P., Presiden Asian Mini Football Comfederation (AMFC) Dr. Mohammad Hesham Aldousari, Pj. Sekda Prov. Gorontalo, Assisten III Setda Provinsi Gorontalo Para Pimpinan OPD Se - Provinsi Gorontalo.

Kegiatan diawali dengan sambutan Pj. Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si, mengatakan kami bersyukur pada Allah karena Gorontalo telah terpilih menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan 1st Asian Mini Football Championsip 2023.

"Kepercayaan tersebut adalah sebuah kehormatan luar biasa yang kami tindak lanjuti dengan menciptakan beragam kondisi yang bisa diwariskan, menjadi legacy, untuk generasi muda berikutnya, salah satu upaya kami adalah dengan menjadikan Tarsius Supriatnai, endemik khas Gorontalo sebagai maskot event the 1st Asian Mini Indonesia 2023 mendatang," ungkapnya.

Pj. Gubernur Gorontalo menjelaskan terkait dengan penyelenggaraan 1st Asian Mini Football Championship 2023 mendatang, kami memilih Tarsius Supriatnai sebagai maskot dengan nama Tarsilo yang merupakan singkatan dari Tarsius Gorontalo karena memang spesies ini hanya ada di Gorontalo.

Tarsius adalah jenis satwa unik dan menarik, hidup nokturnal yang juga menjadi salah satu primata terkecil di dunia, dengan berat maksimum 120 gram, atau hampir sekepalan tangan orang dewasa.

"Tarsius dapat ditemukan di pulau-pulau di wilayah Asia Tenggara, termasuk di pulau Sulawesi. Total ada 11 spesies Tarsius di pulau Sulawesi, Spesies terakhir yang ditemukan tahun 2017 adalah Tarsius Supriatnai yang hanya hidup di hutan-hutan di Gorontalo," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Sambutan Presiden Asian Mini Football Comfederation (AMFC) Dr. Mohammad Hesham Aldousari menegaskan Turnamen yang akan diadakan ini merupakan pertama kali untuk level dan tingkat Asia dan Gorontalo menjadi tuan rumah yang pertama ini semua tentu saja mendapat dukungan dari bapak Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pejabat-pejabat yang ada di Gorontalo ini dan ini Insya Allah akan terukir dalam sejarah bahwa Gorontalo merupakan daerah pertama kali yang mengadakan level tingkat Asia ini.

Sementara itu Menteri Pemuda & Olah Raga R.I Bpk. Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si, menyampaikan durasi Asia Mini football pada Indonesia khususnya pada Gorontalo perlu kita syukuri sebagaimana yang disampaikan oleh presiden Adalah hal yang pertama Menyampaikan kita akan Dorong Indonesia Gorontalo khususnya Mini football.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Rasi ASEAN tentunya Ini juga dipertanggung jawabkan dengan Sebagaimana yang sudah ditandatangani maskotnya oleh pemerintah Gorontalo," tandasnya.