Dandim 1313/Pohuwato dan Forkopimda Panen Raya Jagung Secara Virtual

Dandim 1313/Pohuwato dan Forkopimda Panen Raya Jagung Secara Virtual

GOSULUT.ID - Dandim 1313/Pohuwato Letkol Czi Purbo Awin Niarto, S.Si, M.M bersama Bupati Pohuwato H. Syarif Mbuinga S.Pd.I, M.M dan Forkopimda Pohuwato mengikuti Acara Panen Raya Jagung secara Virtual seluruh Indonesia oleh Menteri Pertanian RI, bertempat di Makodim 1313/Pohuwato. Rabu (29/9/2021).

Dalam sambutannya secara virtual tersebut, Menteri Pertanian RI Dr H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan melakukan sinkronisasi data sehingga terjadi kesepahaman bersama bahwa stok di lapangan sesuai dengan angka database di kedua lembaga pemerintah ini.

"Semua yang kita upayakan untuk masyarakat. Produktivitas jagung yang mencapai 6,5 ton dan harga pipilan kering Rp. 5.400 dinilai sangat bagus untuk meningkatkan pendapatan petani. Tersedianya pakan ternak akan memudahkan para peternak unggas untuk melakukan aktivitasnya karena ketersediaan dan harga yang terjangkau. Dan masyarakat konsumen secara umum akan mendapat tata niaga yang baik karena ketersediaan pangan dari daging ayam dan telur tersedia dan murah atau terjangkau harganya," terangnya.

"Saya minta, pemerintah melalui Direktorat Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dapat mempertahankan program  ketahanan pangan dimana jagung termasuk komoditi yang menjadi prioritas utama", imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1313/Pohuwato Letkol Czi Purbo Awin Niarto, S.Si, M.M menambahkan Pelaksanaan panen raya ini guna untuk menarik perhatian masyarakat untuk lebih giat lagi untuk menanam jagung. Kepala dinas Pertanian Kab Pohuwato sudah menyiapkan mesin Panen jagung modern untuk  masyarakat Kab. Pohuwato. Pelaksaan penen raya dilaksanakan dengan sesuai prokes.