Cukup Terbilang Rendah, Capaian Realisasi Insentif Nakes di Gorut 20,23 Persen

Cukup Terbilang Rendah, Capaian Realisasi Insentif Nakes di Gorut 20,23 Persen

GORUT (GS) - Asisten Administrasi Umum Setda Gorontalo Utara (Gorut) Suleman Lakoro menyampaikan, bahwa realisasi Insentif tenaga kesehatan (Inakes) terkait penanganan Covid - 19 di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) masih berada pada angka 20,23 persen.

"Dan itu berdasarkan data yang ada, hingga saat ini realisasinya baru mencapai 20,23 persen. Di mana, dana total anggaran Rp 943.750.000 yang disiapkan lewat APBD induk tahun 2021 ini, baru Rp 190.883.000 yang telah terbayarkan (dicairkan)," ungkap Asisten Administrasi Umum Setda Gorut, Suleman Lakoro, Kamis (22/07/2021).

Suleman mengatakan, saat ini pemerintah daerah terus berupaya bagaimana untuk menaikkan nilai insentif bagi bagi tenaga kesehatan.

“Untuk pertama ini, kami sementara merumuskan untuk penambahan anggaran. Mungkin pada perubahan anggaran kedepan,” ucap Suleman. 

Sementara dalam upaya mempercepat realisasi atau penyaluran Inakes, kata Suleman pemerintah daerah, dalam hal ini BKAD masih menunggu input dari Dinas Kesehatan. 

Pada dasarnya, lanjut Suleman, bahwa pemerintah daerah mendorong kedepan agar Dinas Kesehatan sebagai OPD teknis soal Inakes ini dapat mempercepat realisasinya.

“Sehingga target yang diharapkan kepada kita agar supaya insentif yang disalurkan bisa mencapai 50 persen ke atas. Insya Allah ke depan, BKAD masih menunggu input dari Dinas Kese hatan sebagai SPJ untuk kemudian direalisasikan,” tandasnya.(***)