Cuaca Buruk, Anggota TNI AL di Miangas Bantu Turunkan Penumpang Kapal Tol Laut

Cuaca Buruk, Anggota TNI AL di Miangas Bantu Turunkan Penumpang Kapal Tol Laut
Cuaca Buruk, Anggota TNI AL di Miangas Bantu Turunkan Penumpang Kapal Tol Laut

Prajurit TNI Al Posal Miangas berjibaku mmenurunkan penumpang dari atas Kapal Sabuk Nusantara yang tidak bisa sandar di Pelabuhan

 

Gosulut Talaud – Cuaca buruk yang sudah terjadi selama sepekan ini cukup menjadi permasalahan bagi para pengguna laut di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, terutama di wilayah perairan Pulau Miangas yang terletak di perbatasan paling utara NKRI. Bukan hanya kapal-kapal kecil seperti kapal penangkap ikan bahkan kapal dengan ukuran besar juga mengalami kendala untuk sandar di pelabuhan Miangas.

Sebagaimana yang terjadi pada Selasa( 20 /10/ 2020) cuaca yang buruk berupa angin kencang dan gelombang yang cukup tinggi menjadikan KM Sabuk Nusantara 69 yang merupakan kapal Tol Laut yang mengangkut penumpang dan barang tidak bisa sandardi Pelabuhan Miangas.

Menyikapi situasi dan kondisi yang demikian, Prajurit yang ada di Pos Angkatan Laut (Posal) Miangas Lanal Melonguane mengajak beberapa masyarakat untuk membantu menurunkan 29 penumpang dan barang dari atas kapal menggunakan perahu karet Posal Miangas.

Tidak cukup sampai disitu, begitu tiba di darat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di pulau kecil terdepan tersebut, personel kesehatan dari Posal Miangas Lanal Melonguane melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan para penumpang yang turun dari kapal.

Komandan Lanal Melonguane Letkol Mar Adi Sucipto S.T., M.Tr.Hanla memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajuritnya yang sedang melaksanakan tugas di pulau terluar tersebut, ia menyampaikan rasa bangganya atas dedikasi dan pengabdian dari prajuritnya yang sadar dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut.

"Dimanapun Prajurit TNI ditugaskan, melayani masyarakat dan berdedikasi tinggi terhadap tugas merupakan kewajiban, dan apa yang dilakukan Anggota Posal Miangas patut dibanggakan,"ujar Danlanal

Kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud, terutama kepada para pengguna laut baik itu para nelayan, penyedia jasa transportasi laut dan, lainnya, Pamen Korps Marinir berpangkat Letkol ini menyampaikan agar mewaspadai cuaca buruk yang terjadi saat ini yang dapat membahayakan keselamatan. Ia menghimbau agar para pengguna laut untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan selama pelayaran, melengkapi kapal dengan peralatan keamanan dan keselamatan, radio komunikasi serta apabila cuaca ekstrim agar menunda atau membatalkan pelayaran guna kepentingan keselamatan.

"Waspadai Cuaca buruk, jangan memaksa untuk berlayar atau melaut jika kondisi tidak memungkinkan demi keselamatan," tutupnya. (Red)